Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi Yang Baik Educating to Shape the Character of Elementary School Students: An Analysis Study of Teacher's Tasks in Educating Students with Good Personal Character

Main Article Content

Machful Indra Kurniawan

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang dilakukan secara sadar untuk mengembangkan potensi peserta didik secara aktif agar dapat memiliki kemampuan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Guru merupakan tenaga profesional yang memiliki tugas untuk mengajar, mendidik dan melatih siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Untuk menjalankan tuganya sebagai pendidik, guru tidak hanya mentransfer ilmu saja, melainkan juga mendidik dalam arti lain membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang baik.  Dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar menjadi pribadi yang baik dapat dilakukan dengan cara menentukan, melaksanakan, dan membiasakan siswa sekolah dasar untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan pembentukan karakter yang diharapkan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian tugas guru dalam mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar dapat tercapai dengan baik.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi Yang Baik. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(2), 121-126. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14
Section
Elementary Education

References

Ahmad, Nazili Shaleh. 2011. Pendidikan dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda Media Departemen Pendidikan Nasional. 2003.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun

, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Mulyasa. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya.

Gunarsa, S.D., & Gunarsa, Y.S.D (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Kemendiknas. 2010. Buku Induk Pembangunan Karakter. Jakarta.

Kurniawan, M.I. 2015. Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA. Jurnal Pendidikan,41 – 49.

Mohammad Saroni. 2011. Personal Branding Guru: Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Guru. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Munib, Achmad, dkk. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.

Sukadi. 2007. Guru Powerfull Guru Masa Depan. Bandung: Kolbu

Warsono, 2010. Model Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan, Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010