Pengembangan Perangkat Pembelajaran PKn Berbasis Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Development of Civics Learning Tools Based on Active Learning to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students

Main Article Content

Machful Indra Kurniawan
Rifki Afandi

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran PKn berbasis pembelajaran aktif, (2) mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan. (3) mendeskripsikan keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PKn selama kegiatan pembelajaran. (4) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SD setelah diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan perangkat Dick & Carey. Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran PKn dan subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD N Tambakrejo II Gresik. Hasil penelitian yaitu: (1) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan cara mengidentifikasi tujuan pembelajaran, menganalisis pembelajaran, mengalisis siswa, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusunan tes beracuan kriteria, mengembangkan strategi pembelajaran, memilih media pembelajaran, mengembangkan perangkat pembelajaran, dan melaksanakan validasi. (2) Kualitas perangkat pembelajaran diperoleh berdasarkan hasil validasi para ahli yaitu silabus, RPP, LKS, dan BAS yang memiliki kategori sangat baik. (3) Keterlaksanaan RPP pada uji coba 1 dan uji coba 2 dalam 3 pertemuan memiliki kategori rata-rata sangat baik. (4) Hasil uji coba pengembangan perangkat pembelajaran PKn SD pada uji coba 1 dan uji coba 2 terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 21%.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, M. I., & Afandi, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran PKn Berbasis Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 125-136. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.242
Section
Education Media and learning resources

References

Abdul Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Agus Taufik dkk.2011. Pendidikan Anak di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bafadal, Ibrahim. 2003. Seri manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. Manajemen perlengkapan sekolah teori dan aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20

Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang-Depdiknas

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosdakarya

Niswatul Lailah. 2003. Konsep Dasar Active Learning dan Relevansinya dengan Pengajaran Muhadatsah. Yogyakarta : UIN Yogyakarta

Nurmalina, Komala dan Syaifullah, 2008. Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn

Nursyam. 2009. Panduan Kegiatan Pembelajaran Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi. Diakses dari http://sman78jkt.sch.id/ sumberbelajar/dokumen/ PANDUAN%20 KEGIATAN%20EKS, EL,%20KONF(1).pdf, pada tanggal 23 maret 2015

Poppy Kamalia Devi, dkk. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Guru SMP. Bandung: PPPPTK IPA

Samadi T.M.A.A 2009. Pembelajaran aktif. http://eng.unri.ac.id/download/teaching-improvement/BK2Teach&Learn I/Active%20Learning 5. PDF TMA Ari Samadi. Diakses pada tanggal23 maret 2015

Soemantri, M.N. 2001. Menggagas Pendidikan Pembaharuan IPS. Bandung : PPS-UPI dan PT. Remaja Rosdakarya

Sudjana. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Sudjana. Dalam Djamarah dan Zain 2010. Stretegi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N dan Suwariyah. W. 2010. Model-model mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Warsono dan Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.