Pengembangan Perangkat Pembelajaran PKn Berbasis Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Development of Civics Learning Tools Based on Active Learning to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran PKn berbasis pembelajaran aktif, (2) mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan. (3) mendeskripsikan keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PKn selama kegiatan pembelajaran. (4) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SD setelah diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan perangkat Dick & Carey. Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran PKn dan subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD N Tambakrejo II Gresik. Hasil penelitian yaitu: (1) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan cara mengidentifikasi tujuan pembelajaran, menganalisis pembelajaran, mengalisis siswa, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusunan tes beracuan kriteria, mengembangkan strategi pembelajaran, memilih media pembelajaran, mengembangkan perangkat pembelajaran, dan melaksanakan validasi. (2) Kualitas perangkat pembelajaran diperoleh berdasarkan hasil validasi para ahli yaitu silabus, RPP, LKS, dan BAS yang memiliki kategori sangat baik. (3) Keterlaksanaan RPP pada uji coba 1 dan uji coba 2 dalam 3 pertemuan memiliki kategori rata-rata sangat baik. (4) Hasil uji coba pengembangan perangkat pembelajaran PKn SD pada uji coba 1 dan uji coba 2 terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 21%.
References
Abdul Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Agus Taufik dkk.2011. Pendidikan Anak di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bafadal, Ibrahim. 2003. Seri manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. Manajemen perlengkapan sekolah teori dan aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang-Depdiknas
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosdakarya
Niswatul Lailah. 2003. Konsep Dasar Active Learning dan Relevansinya dengan Pengajaran Muhadatsah. Yogyakarta : UIN Yogyakarta
Nurmalina, Komala dan Syaifullah, 2008. Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn
Nursyam. 2009. Panduan Kegiatan Pembelajaran Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi. Diakses dari http://sman78jkt.sch.id/ sumberbelajar/dokumen/ PANDUAN%20 KEGIATAN%20EKS, EL,%20KONF(1).pdf, pada tanggal 23 maret 2015
Poppy Kamalia Devi, dkk. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Guru SMP. Bandung: PPPPTK IPA
Samadi T.M.A.A 2009. Pembelajaran aktif. http://eng.unri.ac.id/download/teaching-improvement/BK2Teach&Learn I/Active%20Learning 5. PDF TMA Ari Samadi. Diakses pada tanggal23 maret 2015
Soemantri, M.N. 2001. Menggagas Pendidikan Pembaharuan IPS. Bandung : PPS-UPI dan PT. Remaja Rosdakarya
Sudjana. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA
Sudjana. Dalam Djamarah dan Zain 2010. Stretegi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N dan Suwariyah. W. 2010. Model-model mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Warsono dan Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2016 Machful Indra Kurniawan, Rifki Afandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.