Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini
The Effect of Role Playing on Early Childhood Social Ability
Abstract
Kemampuan sosial anak dapat digali dengan memperbaiki materi dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Pembelajaran yang efektif bagi anak usia dini adalah melalui suatu kegiatan yang berorientasi bermain. Bermain peran merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan imajinasinya dalam memerankan seorang tokoh agar mereka menghayati sifat-sifat dari tokoh atau benda tersebut. Dengan bermain peran anak mampu berlatih bersosialisasi, berkomunikasi dan berempati dengan anak-anak lain. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan sosial antara anak yang diberikan perlakuan bermain peran dan anak yang tidak diberikan perlakuan bermain peran di TK Aisyiyah 6 Tanggulangin. 2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh bermain peran dan tidak bermain peran terhadap kemampuan sosial anak. Penelitian ini pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen kuasi (semu). Sampel penelitian 40 anak kelompok B TK Aisyiyah 6 Tanggulangin. Hasil penelitian menunjukkan dengan perlakuan bermain peran dan tanpa diberikan perlakuan bermain peran menunjukkan nilai Mann-Whitney U sebesar 1.000 dan nilai Wilcoxon W sebesar 211.00 dengan nilai signifikansinya sebesar 0.000. Karena nilai probabilitas jauh lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 atau (0.000 < 0.05), maka kelompok eksperimen dengan perlakuan bermain peran jauh lebih baik dibanding kelompok kontrol yang tanpa perlakuan bermain peran terhadap kemampuan sosial anak usia dini di TK Aisyiyah 6 Tanggulangin.
References
Amstrong, T., 2002. Menerapkan Multiple Intelligences di Sekolah, (alih bahasa Yudhi Murtanto), Batam Center; Interaksara.
Amstrong, T., 2004. Kamu itu Lebih Cerdas daripada yang Kamu Duga; Panduan Menuju Multipel Intelinjensi Bagi Anak-Anak, (alih bahasa Arvin Saputra), Bandung; Kaifa.
Dariyo, A., 2007. Psikologi Perkembangan; Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung; Refika Aditama.
Gardner, H. 2003. Multiple Intelligences; Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek, (alih bahasa Alexander Sinroro). Batam Center; Interaksara
Goleman, D., 2005. Working With Emotional Intelligence; Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. (alih bahasa Alex Tri Kantjono Widodo). Jakarta; Gramedia Pustaka Utama.
Hirsh, K., 2005. Einstein Never Used Flash Cards. Bandung; Kaifa.
Hurlock, E. B., 1988. Perkembangan Anak. Jilid 1. Jakarta; Erlangga.
Hurlock, E. B., 1988. Perkembangan Anak. Jilid 2. Jakarta; Erlangga.
Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak; Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta; Grasindo.
Kostelnik, Marjorie J. dkk. Developmentally Appropriate Curriculum Best Practices In Early Chilhood Education. United States: Pearson Prentice Hall, 2007.
Masitoh. 2006. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta; Universitas Terbuka.
Moeslichatoen, R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta; Rineka Cipta.
Montolalu, B.E.F. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta; Universitas Terbuka.
Schmidt, L., 2003. Jalan Pintas Menjadi 7 Kali Lebih Cerdas; 50 Aktivitas, Permainan dan Prakarya untuk Mengasuh 7 Kecerdasan Mendasar Pada Anak.Bandung; Kaifa
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung; Alfabeta.
Musfiroh, T. 2008. Cerdas Melalui Bermain (Cara mengasah Multiple Inteligence pada Anak Sejak Usia Dini). Jakarta : PT. Grasindo.
Tedjasaputra, Mayke S. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta; Grasindo.
Thalib, Syamsul Bachri. 2005. Psikologi Perkembangan; Aplikasi Praktis Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Makassar; Badan Penerbit UNM. Makassar.
Tientje, M., 2004. Pendidikan Anak Usia Dini; Untuk Meningkatkan Multipel Inteligensi. Jakarta; Dharma Graha Group.
William, C., 2007. Teori Perkembangan; Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2015 Choirun Nisak Aulina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.