Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini
Instilling Discipline in Early Childhood
Abstract
Kedisplinan pada anak-anak adalah memberikan pengertian akan mana yang baik dan yang buruk. Pendidikan disiplin perlu di tanamkan pada anak bahwa berbuat kesalahan tentu mengandung sejumlah konsekuensi,untuk itulah fungsi hukuman dalam pendidikan anak. Disiplin merupakan perilaku nilai yang bisa dilakukan secara paksa dan bisa dilakukan dengan sukarela. Untuk anak usia dini, bentuk disiplin harus dilaksanakan secara sukarela dan melalui bermain. Guru, masyarakat dan orangtua adalah faktor-faktor adalah faktor-faktor yang paling berpengaruh untuk mendisiplinkan anak.
References
Brewer, Jo Ann. Introduction to Early Childhood Education. United states: Pearson, 2007.
Efendi, Mohammad. Pembinaan Disiplin Anak Tanpa Hukuman. Jakarta: Fasilitator Edisi I, 2006.
Hurlock, Elizabeth B.. Perkembangan Anak .Jakarta: Erlangga,1999.
Kostelnik, Marjorie J. dan kawan-kawan. Developmentally Appropriate Curriculum. Ohio: Pearson. 2007.
Sujiono, Bambang dan Yuliani Nurani Sujiono. Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta; Elex Media Komputindo. 2005.
Sujiono, Yuliani Nurani dan eriva syamsiatin. Perkembangan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: Pusdiani Press (Pusat Studi Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta), 2003.
Copyright (c) 2013 Choirun Nisak Aulina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.