Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini

Instilling Discipline in Early Childhood

Authors

  • Choirun Nisak Aulina Jl. Raya Gelam, Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Keywords:

displin, anak-anak, permainan

Abstract

Kedisplinan pada anak-anak adalah memberikan pengertian akan mana yang baik dan yang buruk. Pendidikan disiplin perlu di tanamkan pada anak bahwa berbuat kesalahan tentu mengandung sejumlah konsekuensi,untuk itulah fungsi hukuman dalam pendidikan anak. Disiplin merupakan perilaku nilai yang bisa dilakukan secara paksa dan bisa dilakukan dengan sukarela. Untuk anak usia dini, bentuk disiplin harus dilaksanakan secara sukarela dan melalui bermain. Guru, masyarakat dan orangtua adalah faktor-faktor adalah faktor-faktor yang paling berpengaruh untuk mendisiplinkan anak.

References

Brewer, Jo Ann. Introduction to Early Childhood Education. United states: Pearson, 2007.

Efendi, Mohammad. Pembinaan Disiplin Anak Tanpa Hukuman. Jakarta: Fasilitator Edisi I, 2006.

Hurlock, Elizabeth B.. Perkembangan Anak .Jakarta: Erlangga,1999.

Kostelnik, Marjorie J. dan kawan-kawan. Developmentally Appropriate Curriculum. Ohio: Pearson. 2007.

Sujiono, Bambang dan Yuliani Nurani Sujiono. Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta; Elex Media Komputindo. 2005.

Sujiono, Yuliani Nurani dan eriva syamsiatin. Perkembangan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: Pusdiani Press (Pusat Studi Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta), 2003.

Downloads

Published

2013-02-28

How to Cite

Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini: Instilling Discipline in Early Childhood. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 36–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Issue

Section

Elementary Education