Pendekatan Holistik dan Kolaboratif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Holistic and Collaborative Approach in Learning English in Elementary School

Main Article Content

Ermawati Zulikhatin Nuroh

Abstract

Pendekatan merupakan seperangkat wawasan yang secara sistematis digunakan sebagai landasan berpikir dalam menggarap bahan dan menentukan prosedur kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Dominasi pendekatan holistik dan kolaboratif tersebut, karena faktor tujuan pengajaran bahasa yang bergeser seiring tuntutan kebutuhan pembelajar dan kurikulum, juga disebabkan adanya anggapan kegagalan pendekatan sebelumnya. Pada tahap tertentu, pendekatan holistik akan lebih sesuai daripada pendekatan kolaboratif, begitu pula sebaliknya. Dengan demikian, pendekatan baru tersebut memberikan kemungkinan-kemungkinan bagi guru maupun pembelajar untuk menempuh berbagai cara untuk sampai pada tujuan pembelajaran. Dengan kata lain, pendekatan holistik maupun kolaboratif bisa diurutkan dan diintegrasikan dengan bentuk-bentuk kegiatan program pembelajaran bahasa.

Article Details

How to Cite
Nuroh, E. Z. (2016). Pendekatan Holistik dan Kolaboratif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 311-322. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.264
Section
Education General

References

Arend, Richard I. 2001. Learning to Teach. (Fifth Edition). New York: McGraw-Hill.

Davis, Barbara Gross. 1993. Collaborative Learning: Group Work and Study Teams. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. GBPP Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan.

Drost, J.I.G.M. 1998: Sekolah: Mengajar atau Mendidik. Yogyakarta: Kanisius.

Dryden dan Vos. 2001. Revolusi Cara Belajar I: Keajaiban Pikiran. Terjemahan Ahmad Baiquni. Bandung: Kaifa.

Dubin, Fraida dan Olstein, Elite. 1986. Course Design: Developing Programs and Material for Language Learning. Cambridge: cambridge University Press.

Finn, Patrick J. 1993. Helping Children Learn Language Arts. New York and London: Longman Publishing Group.

Froese, Victor. 1991. Whole Language Practice and Theory. Boston: Allyn and Bacon.

Fulwier, Laura. 1992. The Cunstructivist Culture of Language Centered Classroom dalam Supporting Whole Language. Constance Weaver dan Linda Henke (Editor). Portsmouth: Heinemann.

Goodman, Ken. 1986. What’s Whole in Whole Language. Portsmouth: Heinemann.

Nunan, David. 1989. Designing Task for Communicative Classroom. Great Britain: Cambridge University Press.

Pappas, Christine C, dkk. 1994. An Integrated Language: Perspective in the Elementary School. London: Longman.

Price, Mayfield; McFadden ; dan Marsh, 2001. Collaborative Teaching: Special Education for Inclusive Classroom. Parrot Publising LLC.

RE., Slavin, 1995. Cooperative learning, Second edition, Boston: Allyn and Bacon

Richards, Jack C; John Platt; Heidi Platt. 1992. Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. UK. Longman UK, Ltd.

Suyanto, Kasihani K. E.; Sulistyo, Gunadi H. 2001. Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai MULOK di SD. Laporan Penelitian RUT VIII.1. MENRISTEK RI dan Lemlit UM

Suri, Meenakshi. 2003. Holistic Teaching (unpublished paper)