Analisis Stilistika Dalam Cerpen Stylistic Analysis in Short Stories

Main Article Content

Ermawati Zulikhatin Nuroh

Abstract

Cerpen atau cerita pendek sebagai suatu karya seni berfungsi sebagai notulen kehidupan. Sebagai dokumentasi, cerpen bagaikan cermin yang memperlihatkan peristiwa tersebut. Hubungan dialektis antara cerpen dan realitas membuktikan bahwa cerpen juga dapat dianalisis dari berbagai sudut, seperti filosofis, religi, sosiologi, budaya dan stilistika. Melalui pendekatan stilistika, penulis mencermati beberapa fenomena yang disebutkan diatas, khususnya hal yang berhubungan dengan peristiwa kehidupan manusia. Hubungan dialektis antara cerpen dan realitas membuktikan bahwa cerpen juga dapat dianalisis dari berbagai sudut, seperti filosofis, religi, sosiologi, budaya dan stilistika. Dengan menggunakan piranti stilistika berupa personifikasi, metafora, simbol, simile, hiperbola dan sebagainya, terlihat bagaimana cerpen ini dianalisis sehingga diharapkan mempunyai keunggulan dan pengaruh tekstual terhadap sisi reaktif emosionil pembaca. Kekuatan pengaruhnya ini ditunjang oleh kemampuan teks mengatur relasi-relasi koheren mapun kontradiktif antar unit satuan wacana dan pemilihan referensi kontekstual yang memungkinkan dimaknai oleh pembaca.

Article Details

How to Cite
Nuroh, E. Z. (2011). Analisis Stilistika Dalam Cerpen. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(1), 21-34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.30
Section
Education General

References

Abrams, M.H. 1981. A Glossary of Literary terms. New York: Holt, Renehart and Winston

Abdullah, Imran Teuku. 1991. Hikayat Meukuta Alam Suntingan Teks dan Terjemahan Beserta Telaah Struktur dan Resepsi. Jakarta: Intermasa

Chapman, Seymour. 1980. Story and Discourse, Narrative Structure in Fiction and Film. Ithaca and London: Cornell University Press.

Dini, NH. 2005. Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2005: Daun-daun Waru di Samirono. PT. Gramedia Jakarta.

Foster, E.M. 1970. Aspect of the Novel. Harmondswort: Penguin Book.

H.T., Faruk. 1999. Hilangnya Pesona Dunia: Siti Nurbaya, Budaya Minang, Struktur Sosial kolonial. Yogyakarta: Yayasan Untuk Indonesia.

Junus, Umar. 1989. Stilistika Suatu Pengantar. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka

Kenny, William. 1996. How to Analyze Fiction. New York: Monarch Press. Keraf, Gorys. 1994. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Keegen, Alex. http://www.writer write: com/juornal/sep99/keegan 20. html

Leech, Geoffrey N. Dan Michchael H. Short. 1981. Style in Fiction, A linguistic Introduction to English Fictional Prose. London: Longman

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada

University Press.

Perrine, L. 1983. Sound and Sense: An Introduction to Poetry (8th ed). New York: Harcourt Brace Jovanovich

Pradopo, Rachmat Djoko. 1997. Beberapa teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Reaske, Christopher. 1984. How to Analyze drama. Monarch Press.

Retnaningsih, Aning. 1983. Roman dalam Masa Pertumbuhan Kesastraan Modern. Jakarta: Erlangga

Widdowson, HG. 1997. Stilistika dan Pengajaran Sastra linguistik Terapan dan kajian Bahasa. Surabaya: Airlangga University Press..