Implementasi Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa PGSD
Implementation of Experimental Learning Methods to Improve Science Process Skills for PGSD Students
Abstract
Permasalahan pembelajaran mata kuliah konsep dasar 1 pada mahasiswa program studi PGSD Universitas Negeri Manado menunjukkan keterampilan proses sains mahasiswa kurang baik. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang harus dimiliki seorang ilmuwan Penelitian ini bertujuan penerapan metodde eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa program studi PGSD Universitas Negeri Manado pada matakuliah konsep dasar sainis 1. Metode penelitian menggunakan penelitia tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriftif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data penelitian menggunakan model interaktif Miles dan Hibermen, uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil observasi dan dokumen tasi keterampilan proses sain mahasiswa diterapkan metode eksperimen meningkat dari prasiklus kurang baik menjadi baik. Penerapan metode pembelajaran ekperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains mhasiswa PGSD Universitas Negeri manado pada mata kuliah konsep dasar sains 1.References
Abimanyu, Soli dkk. 2008. Bahan Ajar Cetak Strategi Pembelajaran 3 SKS. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Afandi, Rifki. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Econimic Community) Pada 2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Implementasi Kurikulum 2013 dan Problematikanya ISSN2407-1293. Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya.
Afandi, Rifki & Rocmah, Luluk Iffatur. 2015. Pramuka Sebagai Wadah Mengembangkan Life Sjill Mahasiswa Calon Guru Pada Perguruan Tinggi LPTK. Jurnal Pedagogia Volume 4 No. 2 Edisi Agustus 2015 ISSN 2089-3838. Sidoarjo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.16
Arikunto, Suharsimi, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Muslichah, Asyari. 2006. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat. Jakarta: Departenmen Pendidikan Nasional.
Rahmasiswa, Amining & Santosari, Slamet & Sari, Dewi Puspita. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas XI MIA 9 (ICA) SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014-2015.Seminar Nasional XII Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surakarta
Rustaman, Y., Nuryani, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Cetakan 1: Malang. Universitas Negeri Malang.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sawaludin, Ridwan. 2013. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif-Progredif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Wisudawati, Asih Widi dan Sulistyowati, Eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright (c) 2016 Yusak Ratunguri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.