Pembelajaran Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Berpikir Ilmiah Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Negeri Manado Scientific-Based Learning Against Scientific Thinking Attitudes of PGSD Study Program Students, Manado State University

Main Article Content

Yusak Ratunguri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis saintifik dan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran saintifik terhadap sikap berpikir ilmiah mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen, desain penelitian menggunakan one group pretest-postestn, subjek penelitian adalah mahasiswa program studi PGSD semester II kelas C yang menempuh mata kuliah konsep dasar sains 1, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, sedangkan analisis data menggunakan uji t. Hasil penerapan pembelajaran berbasis saintifik sebesar 95,2%, hal tersebut menunjukkan penerapan pembelajaran saintifik berjalan sangat baik. Hasil penerapan pembelajaran berbasis saintifik terhadap sikap berpikir siswa menunjukkan thitung sebesar 18,45, hal tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Penerapan pembelajaran saintifik berjalan sangat baik dan sedangkan penerapan pembelajaran saintifik menunjukkan ada pengaruh terhadap sikap berpikir ilmiah mahasiswa program studi PGSD di Universitas Negeri Manado.


Article Details

How to Cite
Ratunguri, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Berpikir Ilmiah Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Negeri Manado. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.66
Section
Education Media and learning resources

References

Afandi, Rifki dan Rochmah, I., Luluk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Berbasis Inkuiri Untuk Menumbuhkan Sikap Berpikir Ilmiah Pada Mahasiswa jurusan PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar ISSN 2301-9158. Surabaya: Program Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2006. Peraturan Mendiknas No 22 tahun 2006 Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Julianto., Suprayitno, dan Supriyono. 2011. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa Press.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis Menyusun RPP di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa, E. 2009. Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiyawati, Enik. 2011. Pengembangan Kompetensi Ilmiah Siswa Berorientasi Model Pembelajaran Terpadu Tipe Conected Pada Pokok Bahasan Cahaya. Jurnal Pedagogia ISSN 2089-3833. Sidoarjo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. UMSIDA Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, S. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya Dalam KTSP. Diterbitkan Atas Kerjasama Fakultas Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Uneversitas Negeri Semarang (Unnes). Semarang: Tiara Wacana.

Suryanti. 2012. Model Pembelajaran Untuk Mengajarkan Keterampilan Pengambilan Keputusan dan Penguasaan Konsep IPA Bagi Siswa Sekolah Dasar. Disertasi. Surabaya: Pasca Sarjana Unesa tidak dipublikasikan.

Suyadi. 2014. Evektifitas Pengembangan Perangkat pembelajaran Prosedur Pemahaman Konsep yang Dimodifikasi Dalam Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar ISSN 2301-9158. Surabaya: Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar UNESA.

Tahmrin, S. 2007. Model Pembelajaran Resik Sebagai Strategi Mengubah Paradigma Pembelajaran matematika di SMP yang Teacher Oriented Menjadi Student Oriented. Penelitian Hibah Bersaing. Dosen PPS Universitas Negeri Makasar.

Wakhidah, Nur. 2014. Pembelajaran Tematik Kompetensi IPA Dengan Pendekatan Saintifik (Saientifik Approach) di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan ‘Tema’ Implementasi Kurikulum 2013 dan Problematikanya ISSN 2407-1293. Surabaya: Pascasarjana Program Pendidikan Dasar Unesa