Penerapan Model Problem Based learning (PBL) dipadu Student Team Achievement Division (STAD) melalui Lesson Study (LS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MAN 3 Malang Application of Problem Based Learning (PBL) Model combined with Student Team Achievement Division (STAD) through Lesson Study (LS) to Improve Student Activities and Learning Outcomes at MAN 3 Malang

Main Article Content

Diyah Ayu Widyaningrum

Abstract

Berdasarkan observasi pembelajaran Biologi di MAN 3 Malang, secara garis besar kegiatan pembelajaran Biologi masih menggunakan model ceramah sehingga pembelajaran cenderung pasif. Diperlukan proses pembelajaran yang inovatif, menarik dan menyenangkan melalui penerapan PBL dipadu STAD berbasis Lesson Study (LS). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan PBL dipadu STAD berbasis LS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah PTK melalui LS meliputi perencanaanpelaksanaan terintegrasi dengan observasi, dan refleksiPenelitian ini menggunakan 2 siklus, jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Meningkatnya kualitas pembelajaran setiap pertemuan dalam setiap siklus dan meningkatnya persentase keterlaksanaan pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2, yaitu sebesar 75,6% (siklus 1) dan 95,6% (siklus 2). (2) Meningkatnya aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dengan persentase aktivitas belajar siswa 50% (siklus 1) dan 100% (siklus 2). (3) Meningkatnya hasil belajar kognitif siswa dari siklus 1 sebesar 65% ke siklus 2 sebesar 100%. (4) Hasil belajar afektif siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 65% ke siklus 2 sebesar 100%. (5) Hasil belajar psikomotorik siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 50% ke siklus 2 sebesar 100%.

Article Details

How to Cite
Widyaningrum, D. A. (2016). Penerapan Model Problem Based learning (PBL) dipadu Student Team Achievement Division (STAD) melalui Lesson Study (LS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MAN 3 Malang. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), 27-34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.86
Section
Education General

References

Fitriana, Diah Ayu Eka. 2012. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Melalui Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X2 SMAN 6 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UM.

Ibrohim. 2011. Workshop Lesson Study untuk Mahasiswa, Guru dan Dosen FMIPA Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lestari, Yeny. 2010. Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dipadu Dengan Metode Student Team Achievement Division ( STAD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 5 SMAN 1 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UM.

Mandasari, Nonik Nur. 2012. PengaruhProblem Based Learning (PBL) Dipadu Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Al Ma’arif Singosari. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UM.

Nurhadi., Yasin B., Senduk, A.G. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Permendikbud, 2013. Standart Proses. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rusdianto. 2010. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dipadu Strategi Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Bojonegoro. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: UM.

Ruslina, Elya. 2013. Pembelajaran Kooperatif STAD Berbantuan Multimedia Power Point dan Video Melalui Kegiatan Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI IPS Semester 1 SMAN 9 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: UM.

Sudrajat. 2011. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. (Online). http://www.publikasipendidikan.net. Diakses tanggal 10 Desember 2013.

Syamsuri, I., Ibrohim. 2008. Lesson Study (Study Pembelajaran). Malang. JICA.