Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau Integration of Environmental Education through Social Studies Learning in Elementary Schools as an Alternative to Creating Green Schools

Main Article Content

Rifki Afandi

Abstract

Pendidikan lingkungan hidup merupakan usaha melestarikan lingkungan dengan mengajarkan di sekolah secara formal. Pendidikan lingkungan hidup bukanlah suatu bidang studi yang berdiri sendiri. Namun, dapat di integrasikan ke dalam suatu bidang studi di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup ke dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pustaka dengan metode studi dokumen. Hasil penelitian bahwa pendidikan lingkungan hidup dapat di integrasikan ke dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar melalui 6 standar kompetensi dasar. Pendidikan lingkungan hidup dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber pembelajaran akan menciptakan sekolah hijau.

Article Details

How to Cite
Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 98-108. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50
Section
Education Media and learning resources

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta: Rineka Cipta. Barlia, Lily. 2008. Teori Pembelajaran Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Subang: Royyan Press. BNPB. 2011. Materi presentasi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) yang disampaikan dalam Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup. On Line www.Menlh.go.id. di akses 11 Mei 2012. Bada Standar Nasional Pendidikan. 2006. Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta. Depdiknas. Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Handoyo, B. 2002. Model Sekolah Hijau Berbasisi Sekolah Setempat di Sekolah Dasar Sekitar Sungai Bango Sawojajar malang. Laporan penelitian tidak diterbitkan. Malang: Lemlit Universitas Negeri Malang Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Hatta, M. Gusti. 2010. Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Indonesia. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup. On Line www.Menlh.go.id. di akses 13 Mei 2012. Kompas. 2012. Pengelolaan Sampah Jakarta. Jakarta: www.Kompas.com, 7 Oktober 2012. di akses 20 Januari 2013. Pratomo, Suko. 2009. Model Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar No. 11 2009 Halaman 8-15. Bandung. Respository UPI.EDU. diakses Januari 2013. Sapriya., Istianti, Tuti, & Zulkifli, Effendi. 2007. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press Sapriya. 2011. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Supriatna, Nana, dkk. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung. UPI Press. Sumarmi. 2008. Sekolah Hijau Sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 15 Nomor 1 Halaman 19-25. Malang: LPTK (Lembanga Pendidikan dan Tenaga Pendidikan) dan ISPI (Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia). Supriatna, Nana, dkk. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung. UPI Press. Sumarmi. 2008. Sekolah Hijau Sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 15 Nomor 1 Halaman 19-25. Malang: LPTK (Lembanga Pendidikan dan Tenaga Pendidikan) dan ISPI (Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia).