Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar
Integration of Character Education in Social Studies Learning in Elementary Schools
Abstract
Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu upaya sadar untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. pendidikan karakter, yaitu; membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik, sehingga mampu mengantisipasi gejala krisis moral dan berperan dalam rangka pembinaan generasi muda. Pendidikan IPS adalah mata pelajaran yang mengkaji kehidupan sosial yang bahannya didasarkan pada kajian sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi dan tata negara. Melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat di masukkan nilai-nilai pendidikan karakter dengen mengintegrasikan materi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tersebut.
References
Depdiknas RI. 2006. Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas. Depdiknas 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas Nuh, Muhammad. 2011. Desain Induk Pendidikan Karakter Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta: http://pendikar.dikti.go.id/gdp/wp- content/uploads/Desain-Induk-Pendidikan-Karakter-Kemdiknas.pdf diakses pada tanggal 23 November 2011 jam 21.00 WIB Sapria.2008. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Laboratorium PKn UPI. Soenarko, Bambang. 2010. Konsep Pendidikan Karakter. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri Somantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. Sumaatmadja, Nursid.2007 Konsep Dasar IPS. Modul 1-2. Jakarta: Universitas Terbuka Suyanto.2009. Urgensi Pendidikan Karakter (www .mendikdasmen.kemendiknas.go.id. diakses Pada Tanggal 10 November 2011)
Copyright (c) 2011 Rifki Afandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.