Pendidikan Kecakapan Hidup (PHK) Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kecakapan Personal dan Kecakapan Sosial Serta Prestasi Belajar Siswa SMA Life Skills Education (PHK) in Mathematics Learning to Improve Personal and Social Skills and Learning Achievement of High School Students

Main Article Content

Joko Purnomo

Abstract

Tujuan penelitian meningkatkan kecakapan personal, kecakapan sosial, dan kecakapan akademik serta prestasi belajar siswa melalui pembelajaran yang mengintergasikan pendidikan kecakapan hidup. kecakapan hidup (life skill) adalah kemampuan dasar seseorang seperti kecakapan personal (kecakapan menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan, memecahkan masalah) Penelitian ini menggunakan metode Penilitian Tindakan Kelas (PTK), model PTK menggunakan model Arikunto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian melalui observasi, instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian pendidikan kecakapan hidup dan lembar tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan kecakapan personal terjadi peningkatan kriteria dari sedang pada siklus I, kriteria baik pada siklus II dan kriteria baik pada siklus III. Kecakapan sosial juga terjadi peningkatan dari kriteria sedang pada siklus I, baik pada siklus II dan sangat baik pada siklus III, sedangkan prestasi belajar siswa yang tuntas pada siklus I ada sebanyak 14 siswa (56%), siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (80%) dan pada siklus III sebanyak 24 siswa (96%). Peningkatan hasil belajar siswa tiap siklus menunjukan bahwa hasil belajar siswa tergolong sangat bagus. Melalui pendidikan kecakapan hidup mampu meningkatkan kecakapan personal dan kecakapan sosial serta prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro.

Article Details

How to Cite
Purnomo, J. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (PHK) Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kecakapan Personal dan Kecakapan Sosial Serta Prestasi Belajar Siswa SMA. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 75-80. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.75
Section
Education General

References

Arikunto, Suharsimi, 2008. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi, 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi aksara

Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta

Nur, Muhammad. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: universitas Negeri Surabaya

Susanto, 2008. Penyusunan Silabus dan RPP Berbasis Visi KTSP. Surabaya : Mata pena.

Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

TIM BBE DEPDIKNAS. 2003. Pola Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup. Surabaya : SIC

Wiraatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosdakarya.