Pendidikan Kecakapan Hidup (PHK) Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kecakapan Personal dan Kecakapan Sosial Serta Prestasi Belajar Siswa SMA
Life Skills Education (PHK) in Mathematics Learning to Improve Personal and Social Skills and Learning Achievement of High School Students
Abstract
Tujuan penelitian meningkatkan kecakapan personal, kecakapan sosial, dan kecakapan akademik serta prestasi belajar siswa melalui pembelajaran yang mengintergasikan pendidikan kecakapan hidup. kecakapan hidup (life skill) adalah kemampuan dasar seseorang seperti kecakapan personal (kecakapan menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan, memecahkan masalah) Penelitian ini menggunakan metode Penilitian Tindakan Kelas (PTK), model PTK menggunakan model Arikunto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian melalui observasi, instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian pendidikan kecakapan hidup dan lembar tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan kecakapan personal terjadi peningkatan kriteria dari sedang pada siklus I, kriteria baik pada siklus II dan kriteria baik pada siklus III. Kecakapan sosial juga terjadi peningkatan dari kriteria sedang pada siklus I, baik pada siklus II dan sangat baik pada siklus III, sedangkan prestasi belajar siswa yang tuntas pada siklus I ada sebanyak 14 siswa (56%), siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (80%) dan pada siklus III sebanyak 24 siswa (96%). Peningkatan hasil belajar siswa tiap siklus menunjukan bahwa hasil belajar siswa tergolong sangat bagus. Melalui pendidikan kecakapan hidup mampu meningkatkan kecakapan personal dan kecakapan sosial serta prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro.
References
Arikunto, Suharsimi, 2008. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi, 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi aksara
Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta
Nur, Muhammad. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: universitas Negeri Surabaya
Susanto, 2008. Penyusunan Silabus dan RPP Berbasis Visi KTSP. Surabaya : Mata pena.
Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
TIM BBE DEPDIKNAS. 2003. Pola Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup. Surabaya : SIC
Wiraatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2015 Joko Purnomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.