Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa


The Effect of Project-Based Learning Models to Practice Student Process Skills


  • (1) * Fitria Eka Wulandari            Jalan Mojopahit 666B Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran sains adalah dengan cara memadukan antara pengalaman proses sains dan pemahaman produk sains dalam bentuk pengalaman langsung. Dalam mewujudkan hal tersebut dosen mempunyai tugas utama membantu mahasiswa menjadi pembelajar yang mandiri dengan cara menyajikan masalah yang kontekstual, kemudian membimbing mahasiswa untuk mengajukan permasalahan dan memfasilitasi penyelidikan untuk memecahkan permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini peneliti mencoba memberikan masukan kepada praktisi pendidikan di perguruan tinggi dengan melakukan penelitian bagaimana keterampilan proses dalam sains dapat dilatihkan kepada mahasiswa jurusan Pendidikan IPA. Penanaman pengajaran dengan menggunakan keterampilan siswa yang harus dimiliki  oleh mahasiswa jurusan IPA dapat dilakukan dengan mengembangkan pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek. Pembelajaran ini mampu menghantarkan mahasiswa dalam melakukan eksplorasi, interpretasi, sintesis dan informasi yang merupakan suatu keterampilan yang di perlukan dalam proses dains. Pengujian data hasil pretest dan posttest diuji dengan menggunakan uji-paired sample t-test untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains mahasiswa. Didapatkan bahwa  nilai t =-29,581 dengan taraf signifikan 0,05 dan apabila dihitung dengan Eta Squared diperoleh 0,972, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap terhadap keterampilan proses sains siswa.

References

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Buck Institut of Education (BIE). 2007. What Is Project Based Learning?. Tersedia di http://www.bie. org/index.php/site/pjbl/pjbl handbook/. [11 Desember 2011]

Depdiknas.2006b. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Cole, Peter G. & Lorna Chan.1994. Teaching Principle and Practice. Canbera : Prentice.

Corsini & Raymond J. 1994. Encyclopedia of Psychology. Toronto : Sons Incorporation.

Marlinda, Ni Luh Putu Mery. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap kemampuan Berfikir Kreatif dan Kinerja Ilmiah Siswa. Bali. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undhika (Vol 2. No2).

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, M. 2011. Modul keterampilan proses Sains. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya (Pusat sains dan matematika Sekolah)

Umar Tirtarahardjo & La Sulo.1994. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Ditjen Dikdasmen.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, (Surabaya: PT. Bumi Aksara, 2010), hlm 144

Zulfiani, dkk, Strategi Pembelajaran Sains. (Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta, 2009), h.51-52

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2016-08-31
 
How to Cite
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 247-254. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257
Section
Education General