Analisis Bentuk dan Struktur Lagu Stambul Baju Biru Karya Hardiman Analysis of the Form and Structure of the Blue Clothes Stambul Song by Hardiman

Main Article Content

Evie Destiana

Abstract

Untuk memahami sebuah karya musik, dibutuhkan pengetahuan yang cukup agar mampu memahami pesan yang ingin disampaikan oleh penciptanya, dan kita dapat menginterpretasikan dengan baik saat membawakan. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menganalisa bentuk dan struktur lagu keroncong Stambul Baju Biru karya Hardiman yang merupakan lagu keroncong Stambul II yang memiliki bentuk musik yang unik, baik secara bentuk lagu, melodi, harmonisasi dan unsur musik lainnya. 

Article Details

How to Cite
Destiana, E. (2016). Analisis Bentuk dan Struktur Lagu Stambul Baju Biru Karya Hardiman. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 209-214. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.252
Section
Education General

References

Budiman, B.J. 1979. Mengenal Kroncong Lebih Dekat. (Tanpa Penerbit).

Destiana, Evie. 2014. Orkes Keroncong Guyub Rukun Di Surabaya (Kajian Etnografi Pertunjukan Dan Bentuk Musik). (Tesis Universitas Negeri Surabaya).

Harmunah, Musik Keroncong. 1987. Sejarah,Gaya dan Perkembangan, Pusat musik liturgi, Yogyakarta.

Hutari, Fandy. 2011. Hiburan Masa Lalu dan Tradisi Lokal (Kumpulan Esai Seni, Budaya, dan Sejarah Indonesia).Yogyakarta: Insis Press.

Prier, Karl Edmund, 1998. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Sedyawati, Edi, 1981. Pertumbuhan Seni Pertunjukan. Jakarta: Sinar Harapan.

Sedyawati,Edi, 2010. Budaya Indonesia.Jakarta: Rajawali Press.

Soerharto, dkk.1996. Serba-Serbi Keroncong. Jakarta: Musika.

Sri Widja, R. Agus.2005. Menelusuri Sarana Penyebaran Musik Keroncong. Harmonia:Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, ISI Yogyakarta.

Widjajadi, R. Agoes Sri. 2007. Mendayung di Antara Tradisi dan Modernitas (Sebuah Penjelajahan Ekspresi Budaya Terhadap Musik Keroncong). Yogyakarta: Hanggar Kreator.

W. Lumban Tobing e.m, “Sejarah Musik Keroncong”, Radio dan Masyarakat Indonesia, no 29-30, 1950-1953.

Isfanhari, Musafir.1996. Musik Keroncong (Komposisi, Permainan dan Sejarah) makalah diskusi SMKI N Surabaya.