Analisis Bahasa Pencitraan Iklan Politik Pilkada Kabupaten Tuban Tahun 2015

Analysis of Political Advertising Imagery for Tuban Regency Elections in 2015

Authors

  • Abdul Ghoni Asror Jalan Panglima Polim nomor 46
  • Muhamad Sholehhudin Jalan Panglima Polim nomor 46

DOI:

https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.251

Keywords:

Level Kosakata, Level Gramatika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahasa pencitraan pada level kosakata dan mendeskripsikan level gramatika dalam wacana iklan Pilkada Kabupaten Tuban 2015. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pencitraan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Tuban 2015 pada 1) level kosa kata ditemukan adanya bentuk (a) klasifikasi kosa kata, (b) kosa kata yang diperjuangkan, (c) kosa kata yang memarjinalkan orang lain, dan (d) kosa kata yang bernuansa kedaerahan. 1) pada level gramatika, ditemukan adanya bentuk (a) modalitas, (b) pronomina, (c) kalimat positif-negatif, dan (d) kata penghubung.

References

Eriyanto. 2003. Analisis Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jufri. 2005. “Penggunaan Kosa Kata dalam Wacana Berita tentang “SBY” Sekitar Pemilu 2004”. Jurnal Wacana Kritis, Vol. 10, Januari 2005, hal. 1-11.

Kusrianti, Anik. 2004. Analisis Wacana. Bogor: Pakar Raya.

Latif, Yudi dan Idi Subandy I. 1996. Bahasa dan Kekuasaan. Bandung: Mizan.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustofa. 2005. “Wacana Politik Gaya Kiai NU dalam Majalah Aula”. Jurnal Wacana Kritis, Vol. 10, Januari 2005, hal. 12-24.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusdiarti, S. R. 2003. “Bahasa, Pertarungan Simbolik, dan Kekuasaan.” Jurnal Basis, Edisi Khusus Pierre Bourdieu, No. 11-12 Tahun ke-52, November-Desember 2003.

Subinarto, Djoko. “Kecurangan Iklan Politik”. Online. http://jurnalkomunikasi.com/?p=340. Didowload: 16 juni 2012.

Downloads

Published

2016-08-31

How to Cite

Asror, A. G., & Sholehhudin, M. (2016). Analisis Bahasa Pencitraan Iklan Politik Pilkada Kabupaten Tuban Tahun 2015: Analysis of Political Advertising Imagery for Tuban Regency Elections in 2015. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 197–208. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.251

Issue

Section

Education General