Peningkatan Kemampuan Listening Comprehension Melalui Stategi Top-Down dan Bottom-Up
Improving Listening Comprehension Skills Through Top-Down and Bottom-Up Strategies
Abstract
Pemahaman listening masih menjadi masalah besar bagi pebelajar Bahasa Inggris, sehingga strategi Top-Down dan Bottom-Up merupakan salah satu strategi yang dapat membantu dalam memahami dan mengerti Listening Comprehension. Top-Down processing mengacu pada penggunaan skemata atau pengetahuan pebelajar untuk memahami informasi yang diterima, sedangkan Bottom-Up processing mengacu pada proses pemahaman informasi melalui analisis bunyi, arti kata, maupun tata bahasa. Dalam penerapannya, strategi Top-Down dan Bottom-Up di dalam kegiatan Pre-listening, While-listening dan Post-listening. Di dalam kegiatan Pre-listening kegiatan yang dibangun adalah pebelajar dapat menghubungkan konteks dari apa yang didengar dengan latar belakang pengetahuan yang dimiliki. Di dalam kegiatan While-listening, pebelajar memprediksi apa yang penting dan yang tidak penting untuk diperhatikan untuk mendorong siswa memahami apa yang mereka dengar. Di dalam kegiatan post-listening, pebelajar didorong untuk menanggapi apa yang mereka dengar. Keseluruhan kegiatan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam Listening Comprehension di kelas.
References
Gebhard, Gerry. 2000. Teaching English as A Second or Foreign Language. Oxford: Oxford University Press.
Hegelsen, Marc. 2003. Listening In Practical Language Teaching. Nunan, David (eds.) New York: McGraw Hill.
Howatt, A. and J. Dakin. 1974. Language laboratory materials, ed. J. P. B. Allen, S. P. B. Allen, and S. P. Corder.
Tarigan, H.G. 1993. Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Underwood, Mary.1990. Teaching Listening. London: Longman.
Ur, P. 1984. Teaching of English as a second or foreign language. Cambridge: Cambridge University Press.
Copyright (c) 2016 Vidya Mandarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.