Peningkatan Kemampuan Listening Comprehension Melalui Stategi Top-Down dan Bottom-Up


Improving Listening Comprehension Skills Through Top-Down and Bottom-Up Strategies


  • (1) * Vidya Mandarani            Jl. Mojopahit 666b, Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Pemahaman listening masih menjadi masalah besar bagi pebelajar Bahasa Inggris, sehingga strategi Top-Down dan Bottom-Up merupakan salah satu strategi yang dapat membantu dalam memahami dan mengerti Listening ComprehensionTop-Down processing mengacu pada penggunaan skemata atau pengetahuan pebelajar untuk memahami informasi yang diterima, sedangkan Bottom-Up processing mengacu pada proses pemahaman informasi melalui analisis bunyi, arti kata, maupun tata bahasa. Dalam penerapannya, strategi Top-Down dan Bottom-Up di dalam kegiatan Pre-listeningWhile-listening dan Post-listening. Di dalam kegiatan Pre-listening kegiatan yang dibangun adalah pebelajar dapat menghubungkan konteks dari apa yang didengar dengan latar belakang pengetahuan yang dimiliki. Di dalam kegiatan While-listening, pebelajar memprediksi apa yang penting dan yang tidak penting untuk diperhatikan untuk mendorong siswa memahami apa yang mereka dengar. Di dalam kegiatan post-listening, pebelajar didorong untuk menanggapi apa yang mereka dengar. Keseluruhan kegiatan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam Listening Comprehension di kelas.

References

Gebhard, Gerry. 2000. Teaching English as A Second or Foreign Language. Oxford: Oxford University Press.

Hegelsen, Marc. 2003. Listening In Practical Language Teaching. Nunan, David (eds.) New York: McGraw Hill.

Howatt, A. and J. Dakin. 1974. Language laboratory materials, ed. J. P. B. Allen, S. P. B. Allen, and S. P. Corder.

Tarigan, H.G. 1993. Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Underwood, Mary.1990. Teaching Listening. London: Longman.

Ur, P. 1984. Teaching of English as a second or foreign language. Cambridge: Cambridge University Press.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2016-08-31
 
How to Cite
Mandarani, V. (2016). Peningkatan Kemampuan Listening Comprehension Melalui Stategi Top-Down dan Bottom-Up. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 189-196. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.250
Section
Language Education