Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Critical Lesson Study
Improving the Soft Skills of Prospective Mathematics Teacher Students Through Critical Lesson Study
Abstract
Lesson study merupakan salah satu model pembinaan profesi pendidik yang relevan dengan kebutuhan peningkatan keterampilan pendukung pembelajaran (soft skill) guru. Peningkatan soft skill dapat dikembangkan dengan pembelajaran critical. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatkan soft skill mahasiswa calon guru matematika melalui penerapan lesson study, dan (2) peningkatan kegiatan mahasiswa pada fase pembelajaran criting setelah penerapan lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang menjelaskan peningkatan soft skill dan elemen criting FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, Overview) pada fase pembelajaran criting lesson study. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika yang menempuh mata kuliah MKPBM 4. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi. Langkah-langkah penelitian diawali dengan kegaian plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan see (refleksi) antara dosen model (peneliti) dan observer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lesson study memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan soft skill mahasiswa mencapai rerata akhir 2,18 (pada taraf sedang) dan kemampuan berpikir kritis mencapai rerata 2,35 (pada taraf tinggi). Kontribusi tersebut mewujudkan keterbukaan dalam pembelajaran bagi semua pihak. Suatu kelas yang memiliki keterbukaan untuk semua orang akan memberikan dampak positif bagi dosen model, mahasiswa, dan observer.References
Anggara, Rian dan Chotimah, Umi. 2012. Penerapan Lesson study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pkn SMP Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial, V (2): 188-197.
Baker, M. 1991. Relationships Between Critical and Creative Thinking. Texas Tech University. Press
Fernanda, Mistio Mesa. 2012. Hubungan antara Kemampuan Berinteraksi Sosial dengan Hasil Belajar. [Online]. Jurnal Ilmiah Konseling, Volume 1 Nomor 1, Tersedia: file:///C:/Users/ Acer/Downloads/698-1543-1-PB.pdf [28 April 2016]. DOI: https://doi.org/10.24036/0201212698-0-00
Hafriani, Novi. 2013. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Deep Dialogue/Critical Thinking. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak dipublikasikan, 2013). h.24
Heick, Terry. 2013. Phases Of InquiryBased Learning: A Guide For Tea-chers. [Online]. Tersedia:http://www.teachthought.com/learning/4-phases-inquiry-based-learning-guide-teachers/[28 April 2016].
Hix, Sherry. 2008. Learning In Lesson study: A Professional Development Model for Middle School Mathematics Teachers. A Dissertation in The University of Georgia. [Online]. Ter-sedia: http://jwilson.coe.uga.edu/pers /hix_sherry_l_200808_phd.pdf. [28 April 2016].
Hornby, A.S. 2000. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English.Oxford: Oxford University Press
Krisnawati, Anita. 2009. Evaluasi Kegiatan Lesson study dalam Program SISTTEMS. untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Tesis. Yogyakarta: Pasca Sarjana UNY. [Online.] Ter-sedia: http://eprints.uny. ac.id/4533/ 1/JURNAL.pdf [2 Nopember 2013].14 Jurnal Pendidikan MIPA, Volume 15, Nomor 1, April 2014
Miska, Julia. 2013. Keterampilan Bertanya. [Online]. Tersedia : http://juliamiska.blogspot.com/2016/04/Keterampilan-bertanya.html. [28 April 2016]
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Permanasari, Anna. 2011. Pembelajaran Sains: Wahana Potensial untuk Membelajarkan Soft skill dan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. Universitas Lampung, Bandar Lampung, 26 November 2011.
R. H. Ennis, Critical Thingking An Introduction. United States of America: Prentice-Hall Inc, 1996
Santoso, Djoko dan Waluyanti, Sri. 2010. Upaya Peningkatan Penguasan Konsep dan Psikomotorik Mata Kuliah Alat Ukur dan Pengukuran Berbasis Lesson study Mahasiswa Teknik Elektronika FT UNY. [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131405904/PENELITIAN%20%20LESSON%20STUY.pdf. [28 April 2016].
Schulz, Bernd. 2008. The Importance of Soft skills: Education Beyond Academic Knowledge. Journal of Language and Communication, June 2008.
Thomas. 2010. Soft skills in Higher Education: Importance and Improvement Ratings as a Function of Individual Differences and Academic Performance Educational Psy-chology: An International Journal of Experimental Educational Psychology, Volume 30, Issue 2. DOI: https://doi.org/10.1080/01443410903560278
Copyright (c) 2016 Ika Santia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.