Mendorong Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pikat Pictorial Riddle Encouraging Student Creativity Through Attracting Pictorial Riddle Strategies

Main Article Content

Ika Santia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa berkemampuan dasar matematika rendah; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa berkemampuan dasar matematika sedang dan (3) kemampuan berpikir kreatif siswa berkemampuan dasar matematika tinggi. Jenis penelitian ini ada penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini akan dilakukan dengan  dua  teknik  yaitu  tes  tertulis  dan  wawancara. Proses pengumpulan data tes tertulis diperoleh dari hasil tes pada tes kemampuan dasar matematika dan soal Tes Pengajuan Masalah Lingkaran (TPML). Pengumpulan data diawali dengan pemberian tes kemampuan dasar matematika yang hasilnya digunakan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki kemampuan rendah,sedang dan tinggi. Proses berikutnya, siswa diberikan pembelajaran dengan strategi PIKAT Pictorial Riddle. Peneliti memfokuskan pengamatan pada pekerjaan subjek apakah muncul kreativitas dalam pengajuan masalah lingkaran (TPML). Untuk menjamin keabsahan data dalam penelitian ini akan dilakukan triangulasi waktu. Setelah dilakukan analisis data terlihat bahwa hanya terdapat satu subjek dari kelompok kemampuan dasar matematika tinggi yang menunjukkan ide kreatifnya dalam pengajuan soal yang berhubungan dengan luas lingkaran. Subjek tersebut dapat mengasosiasikan penggunaan rumus Phytagoras dengan luas daerah setengah lingkaran. Ide yang dibangun juga menunjukkan kebaharuan, terlihat dari pertanyaan dalam masalah yang telah diajukan “Tentukan hubungan luas setengah lingkaran pertama, kedua dan ketiga.” .Kata “hubungan” merupakan kata yang menggambarkan asosiasi beberapa konsep luas setengah lingkaran yang dibandingkan dengan sisi-sisi segitiga siku-siku

Article Details

How to Cite
Santia, I. (2015). Mendorong Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pikat Pictorial Riddle. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(2), 105-112. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.12
Section
Education Media and learning resources

References

Career Center Maine Department of Labor USA, Highligths of Women’s Earnings in 2004, September 2004

Depdikbud. 2013. Permendikbud No. 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri No 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompotensi Kelulusan. Jakarta: Depdiknas

Krulik, Stephen & Rudnick, Jesse A. (1995). The New Sourcebook for teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Needham Heights, Massachusetts: Allyn & Bacon

Miles, M. B & Huberman, A. M. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohandi Rohidi. (1992). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Mudzakir. 2006. Representasi Belajar Berbasis Masalah. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya.. ISSN:085-7792. Tahun viii, edisi khusus.

National Council of Teachers of Mathematics. (1989), Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics, Reston, Virginia: NCTM.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000), Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics, Reston, Virginia: NCTM.

Pehkonen, Erkki. 2011. Problem Solving In Mathematics Education In Finland. Finland: University of Helsinki.

Pehkonen, Erkki (1997). “The State-of-Art in Mathematical Creativity”.http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volum 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X

Siswono, Tatag Y.E. (2004). “Bahasa dan Matematika: Pengalaman Observasi di kelasPMRI”. Buletin PMRI. Edisi keempat. April 2004

Siswono, Tatag Y.E. (1999). Strategi Pemberian tugas Pengajuan Soal (Problem Posing) Dalam Pembelajaran matematika Pokok Bahasan Perbandingan di MTs Negeri Rungkut Surabaya. Tesis Pascasarjana IKIP Surabaya. Tidak dipublikasikan

Solso, Robert L. (1995). Cognitive Psychology. Needham Heights, MA: Allyn & Bacon

Sudjana. Nana. 2008. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Suharsimi. Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti.Jakarta: Rineka Cipta.

Tatag & Widya. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Melalui Pemecahan Masalah Tipe ”What’s Another Way”, retrieved Desember 23, 2009 from http://tatagyes.files.wordpress.com