Mendorong Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pikat Pictorial Riddle
Encouraging Student Creativity Through Attracting Pictorial Riddle Strategies
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa berkemampuan dasar matematika rendah; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa berkemampuan dasar matematika sedang dan (3) kemampuan berpikir kreatif siswa berkemampuan dasar matematika tinggi. Jenis penelitian ini ada penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini akan dilakukan dengan dua teknik yaitu tes tertulis dan wawancara. Proses pengumpulan data tes tertulis diperoleh dari hasil tes pada tes kemampuan dasar matematika dan soal Tes Pengajuan Masalah Lingkaran (TPML). Pengumpulan data diawali dengan pemberian tes kemampuan dasar matematika yang hasilnya digunakan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki kemampuan rendah,sedang dan tinggi. Proses berikutnya, siswa diberikan pembelajaran dengan strategi PIKAT Pictorial Riddle. Peneliti memfokuskan pengamatan pada pekerjaan subjek apakah muncul kreativitas dalam pengajuan masalah lingkaran (TPML). Untuk menjamin keabsahan data dalam penelitian ini akan dilakukan triangulasi waktu. Setelah dilakukan analisis data terlihat bahwa hanya terdapat satu subjek dari kelompok kemampuan dasar matematika tinggi yang menunjukkan ide kreatifnya dalam pengajuan soal yang berhubungan dengan luas lingkaran. Subjek tersebut dapat mengasosiasikan penggunaan rumus Phytagoras dengan luas daerah setengah lingkaran. Ide yang dibangun juga menunjukkan kebaharuan, terlihat dari pertanyaan dalam masalah yang telah diajukan “Tentukan hubungan luas setengah lingkaran pertama, kedua dan ketiga.” .Kata “hubungan” merupakan kata yang menggambarkan asosiasi beberapa konsep luas setengah lingkaran yang dibandingkan dengan sisi-sisi segitiga siku-siku
References
Career Center Maine Department of Labor USA, Highligths of Women’s Earnings in 2004, September 2004
Depdikbud. 2013. Permendikbud No. 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri No 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompotensi Kelulusan. Jakarta: Depdiknas
Krulik, Stephen & Rudnick, Jesse A. (1995). The New Sourcebook for teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Needham Heights, Massachusetts: Allyn & Bacon
Miles, M. B & Huberman, A. M. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohandi Rohidi. (1992). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
Mudzakir. 2006. Representasi Belajar Berbasis Masalah. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya.. ISSN:085-7792. Tahun viii, edisi khusus.
National Council of Teachers of Mathematics. (1989), Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics, Reston, Virginia: NCTM.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000), Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics, Reston, Virginia: NCTM.
Pehkonen, Erkki. 2011. Problem Solving In Mathematics Education In Finland. Finland: University of Helsinki.
Pehkonen, Erkki (1997). “The State-of-Art in Mathematical Creativity”.http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volum 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X DOI: https://doi.org/10.1007/s11858-997-0001-z
Siswono, Tatag Y.E. (2004). “Bahasa dan Matematika: Pengalaman Observasi di kelasPMRI”. Buletin PMRI. Edisi keempat. April 2004
Siswono, Tatag Y.E. (1999). Strategi Pemberian tugas Pengajuan Soal (Problem Posing) Dalam Pembelajaran matematika Pokok Bahasan Perbandingan di MTs Negeri Rungkut Surabaya. Tesis Pascasarjana IKIP Surabaya. Tidak dipublikasikan
Solso, Robert L. (1995). Cognitive Psychology. Needham Heights, MA: Allyn & Bacon
Sudjana. Nana. 2008. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Suharsimi. Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti.Jakarta: Rineka Cipta.
Tatag & Widya. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Melalui Pemecahan Masalah Tipe ”What’s Another Way”, retrieved Desember 23, 2009 from http://tatagyes.files.wordpress.com
Copyright (c) 2015 Ika Santia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.