Membangun Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Math Character Building Early Childhood Character through Learning Math Character

Main Article Content

Titin Faridatun Nisa
Muhammad Busyro Karim
Dewi Mayangsari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran math character untuk membangun karakter Anak Usia Dini (AUD) dan kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam penerapan pembelajaran math character. Target penelitian ini adalah terbentuknya karakter anak usia dini melalui pembelajaran math character. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan informasi penelitian ini dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran math character dapat membangun delapan belas nilai-nilai karakter AUD. Kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam pembentukan karakter AUD melalui pembelajaran math character meliputi tema yang digunakan termasuk tema baru, siswa belum terbiasa dengan pembelajaran berbasis sentra, usia siswa bervariasi, dan adanya ikut campur wali siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehingga siswa menjadi kurang mandiri.

Article Details

How to Cite
Nisa, T. F., Karim, M. B., & Mayangsari, D. (2016). Membangun Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Math Character. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 113-124. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.241
Section
Elementary Education

References

Karim, M.B., Nisa’, T.F., Asyhar, A.H. 2016. Implementasi Islamic MathCharacter: Paradigma Baru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 57-70

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kemendiknas. 2010. Rencana Induk Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa. Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, (Online), http://www.slideshare.net/moerhadie/grand-designpendkarakter, diakses tanggal 14 Februari 2012.

Nisa’, T. F. 2011. Pembelajaran Matematika dengan Setting Model Treffinger. Jurnal Pedagogia, 1(1), 35-50

Pradana, R.A., Asyhar, A.H., Riza, M.D. 2014. Proses Berpikir Siswa Quitter dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(2), 249-256

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Surabaya: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.