Pembelajaran Matematika Dengan Setting Model Treffinger Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Learning Mathematics With Treffinger Model Setting To Develop Student Creativity

Main Article Content

Titin Faridatun Nisa

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang tidak mudah bagi kebanyakan siswa. Matematika merupakan salah satu bidang studi yang sering dikeluhkan sebagai bidang studi yang sulit dan membosankan karena kebanyakan matematika diajarkan dengan metode yang tidak menarik. Salah satu model yang dapat digunakan agar siswa aktif dalam pembelajaran adalah model Treffinger. Model ini dapat memenuhi pengembangan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Model Treffinger ini terdiri dari tiga langkah inti, yaitu: basic toolspractice with process, dan working with real problems. Pada setiap langkah dalam model Treffinger ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah, mengarahkan siswa untuk berpikir logis tentang hubungan antar konsep dan situasi dalam permasalahan dan menghargai keragaman berpikir yang timbul selama proses pemecahan masalah berlangsung.

Article Details

How to Cite
Nisa, T. F. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Setting Model Treffinger Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(1), 35-48. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.31
Section
Mathematics Education

References

Haryono, Ary Dwi. 2009. Pembelajaran Model Treffinger Untuk Menumbuhkan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas V SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang.
Tesis Pascasarjana UM yang tidak dipublikasikan. Jaelani, Abdulloh. 2006. Pendekatan Problem Posing dengan Setting Pembelajaran Kooperatif untuk Topik perbandingan di Kelas VII SMP. Surabaya: PPs Unesa. Makalah Komprehensif yang tidak dipublikasikan. Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SD. Surabaya: PPs Unesa. Disertasi yang tidak dipublikasikan. Ladyawati, Erlin. 2008. Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based-Instruction) untuk Sub Materi Pokok Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo. Surabaya: PPs Unesa. Tesis yang tidak dipublikasikan. Mann, Eric Louis. 2005. Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of Mathematical Creativity in Middle School Students. University of Connecticut. A Dissertation Submitted in Partial Fulfillment of the Requirements for the Degree of Doctor of Philosophy at the University of Connecticut Munandar, Utami. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta Pomalato, Sarson Waliyatimas Dj. 2005. Pengaruh Model Treffinger dalam Pembelajaran Matematika dalam Mengembangkan Kemampuan Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. ( http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-1208105-144946/) diakses tanggal 10 Nopember 2009. Ruseffendi, E. T. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito Rahman, Abdul. 2007. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika (Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa). Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana. Jurnal Buana Pendidikan Teori dan Penelitian Pendidikan Tahun IV No. 06 April 2007 Ruggiero, Vincent R. (1998). The Art of Thinking. A Guide to Critical and Creative Thought. New York: Longman, An Imprint of Addison Wesley Longman, Inc. Sabarata. 2004. Keefektifan Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Problem Posing Topik Relasi, Pemetaan dan Grafiknya di SLTP Negeri 2 Moyudan Yogyakarta. Surabaya: PPs Unesa. Tesis yang tidak dipublikasikan. Warli. 2000. Kreativitas Guru SLTP Negeri Tuban dalam Membuat Soal Matematika. Surabaya: PPS Unesa. Tesis yang tidak dipublikasikan. Yuwono, I. 2001. RME (Realistic Mathematics Education) dan hasil Studi Awal Implementasi di SLTP. Makalah disajikan pada seminar nasional realistic mathematics education (RME) di jurusan matematika FMIPA UNESA pada tanggal 24 Februari 2001. http://maubaca.com/forum/index.php/topic,402.msg1358.html#msg1358 Model Treffinger untuk Mendorong Belajar Kreatif. (diakses pada tanggal 10 Nopember 2009). http://wangmuba.com/2009/05/12/belajar-dan-kreatifitas/ Belajar dan Kreatifitas/ (diakses pada tanggal 10 Nopember 2009).