Pembelajaran Civic Values Melalui Mediasi Teman Sebaya pada Peserta Didik SD

Learning Civic Values ​​Through Peer Mediation for Elementary School Students

Authors

  • Tri Linggo Wati Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.92

Keywords:

pembelajaran, civic values, mediasi teman sebaya

Abstract

Sekolah yang menjadi harapan besar bagi peserta didik dan orang tua untuk mendapatkan pengalaman belajar positif ternyata didapatkan pula pengalaman belajar yang tidak menyenangkan baik verbal maupun perlakuan fisik. Dari pengalam tersebut tidak sedikit yang menyebabkan trauma yang berkepanjangan. Dengan melakukan civic values (nilai-nilai masyarakat) pada peserta didik yaitu, pengoptimalan peran guru dan mediasi teman sebaya, yaitu dengan cara peserta didik mau mendengar dan bercerita tentang perlakuan-perlakuan yang mereka alami selama proses pembelajaran, dan kegiatan ini dilakukan sminggu sekali dengan membaca catatan-catatan yang sudah mereka tulis. Dengan dilakukannya kegiatan ini civic values pada peserta didik dapat mengatasi bullying antar teman.

References

Hughes, E.H dan Hughes, AG. 2012. Learning and Teaching. Nuansa: Bandung. DOI: https://doi.org/10.1002/he.20012

Majalahkartini.co.id/berita/kronologis-bullying-asp-siswa-sd, 08/10/2015 16:30.m.merdeka.com.

nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/14/10/13/nde5a5.

Slavin. Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan. Indeks: Jakarta.

Woolfolk, Anita. 2009. Education Psychology. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-02-29

How to Cite

Wati, T. L. (2016). Pembelajaran Civic Values Melalui Mediasi Teman Sebaya pada Peserta Didik SD: Learning Civic Values ​​Through Peer Mediation for Elementary School Students. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), 91–102. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.92

Issue

Section

Elementary Education