Pembelajaran Civic Values Melalui Mediasi Teman Sebaya pada Peserta Didik SD Learning Civic Values ​​Through Peer Mediation for Elementary School Students

Main Article Content

Tri Linggo Wati

Abstract

Sekolah yang menjadi harapan besar bagi peserta didik dan orang tua untuk mendapatkan pengalaman belajar positif ternyata didapatkan pula pengalaman belajar yang tidak menyenangkan baik verbal maupun perlakuan fisik. Dari pengalam tersebut tidak sedikit yang menyebabkan trauma yang berkepanjangan. Dengan melakukan civic values (nilai-nilai masyarakat) pada peserta didik yaitu, pengoptimalan peran guru dan mediasi teman sebaya, yaitu dengan cara peserta didik mau mendengar dan bercerita tentang perlakuan-perlakuan yang mereka alami selama proses pembelajaran, dan kegiatan ini dilakukan sminggu sekali dengan membaca catatan-catatan yang sudah mereka tulis. Dengan dilakukannya kegiatan ini civic values pada peserta didik dapat mengatasi bullying antar teman.

Article Details

How to Cite
Wati, T. L. (2016). Pembelajaran Civic Values Melalui Mediasi Teman Sebaya pada Peserta Didik SD. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), 91-102. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.92
Section
Elementary Education

References

Hughes, E.H dan Hughes, AG. 2012. Learning and Teaching. Nuansa: Bandung.

Majalahkartini.co.id/berita/kronologis-bullying-asp-siswa-sd, 08/10/2015 16:30.m.merdeka.com.

nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/14/10/13/nde5a5.

Slavin. Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan. Indeks: Jakarta.

Woolfolk, Anita. 2009. Education Psychology. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.