Pembelajaran Civic Values Melalui Mediasi Teman Sebaya pada Peserta Didik SD
Learning Civic Values Through Peer Mediation for Elementary School Students
Abstract
Sekolah yang menjadi harapan besar bagi peserta didik dan orang tua untuk mendapatkan pengalaman belajar positif ternyata didapatkan pula pengalaman belajar yang tidak menyenangkan baik verbal maupun perlakuan fisik. Dari pengalam tersebut tidak sedikit yang menyebabkan trauma yang berkepanjangan. Dengan melakukan civic values (nilai-nilai masyarakat) pada peserta didik yaitu, pengoptimalan peran guru dan mediasi teman sebaya, yaitu dengan cara peserta didik mau mendengar dan bercerita tentang perlakuan-perlakuan yang mereka alami selama proses pembelajaran, dan kegiatan ini dilakukan sminggu sekali dengan membaca catatan-catatan yang sudah mereka tulis. Dengan dilakukannya kegiatan ini civic values pada peserta didik dapat mengatasi bullying antar teman.
References
Hughes, E.H dan Hughes, AG. 2012. Learning and Teaching. Nuansa: Bandung. DOI: https://doi.org/10.1002/he.20012
Majalahkartini.co.id/berita/kronologis-bullying-asp-siswa-sd, 08/10/2015 16:30.m.merdeka.com.
nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/14/10/13/nde5a5.
Slavin. Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan. Indeks: Jakarta.
Woolfolk, Anita. 2009. Education Psychology. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Copyright (c) 2016 Tri Linggo Wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.