Metode Kunjungan Lapangan untuk Menanamkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup


Field Visit Methods to Instill Concern for the Environment


  • (1) * Ria Wulandari            Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Kerusakan lingkungan saat ini berada dalam tahap memprihatinkan sehingga diperlukan tindakan konkret untuk menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan. Tindakan konkret yang dilakukan dapat menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan sehingga kerusakan lingkungan dapat diminimalisir. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan hidup melalui metode kunjungan lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD sejumlah 40 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan tentang lingkungan hidup. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 77,5% meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 97,5%. Sejumlah 40,7 % mahasiswa sering terlibat dalam kegiatan menjaga lingkungan sekitar. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode kunjungan lapangan mahasiswa mampu memperdalam pemahaman tentang teori dan praktek yang dipelajari di kelas melalui pengalaman langsung berinteraksi dengan alam.

References

Behrendt dan Franklin. 2014. A Review of Research on School Field Trips and Their Value in Education. International Journal of Environmental & Science Education, 9, 235-245, (Online) dalam eric (http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1031445.pdf), diakses 12 November 2015.

Daryanto dan Suprihatin. 2013. Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup (Mundiatun, Ed). Yogyakarta: Gava Media

Gintings, Abdorrakhman. 2008. Esensi Praktis: Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Juniarti, Yenti. 2015. Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field Trip) (Penelitian Tindakan di Kelompok BPAUD Terpadu Bintuhan Bengkulu, Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, (Online), 9 (2): 267-284, (http://www.unj.ac.id), diakses 3 Januari 2016.

Kisiel, J. (2003). Teachers, museums, and worksheets: A closer look at learning experience. Journal of Science Teacher Education, 14, 3–21. DOI: https://doi.org/10.1023/A:1022991222494

Kemendiknas. 2010. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dan Menengah.

Kompas. 22 April 2015. Hari Bumi dan Fakta-fakta Menyedihkan tentang Alam Indonesia,(Online)(http://sains.kompas.com/read/2015/04/22/20042431/Hari.Bumi.dan.Faktafakta.Menyedihkan.tentang.Alam.Indonesia) Diunduh tgl 30 Oktober 2015.

Nenggala, Asep Kurnia. 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Pencemaran air di Sungai Buntung Sidoarjo. (Online), (http://www.blh.sidoarjokab.go.id), diakses 10 Desember 2015.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur (Edisi 1). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siahaan, N.H.T. 2004. Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supardi, Imam. 2003. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: Alumi.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijanto. 2007. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Kasara.

Suyanto dan Djihad. 2012. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sembel, Dantje Terno. 2015. Toksikologi Lingkungan. Yogyakarta: Andi.

Sodiq, Mochammad. 2014. Ilmu Kealaman Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tal, T., & Morag, O. 2009. Reflective Practice as a Means for Preparing to Teach Outdoors in an Ecological Garden. Journal of Science Teacher Education, 20(3),245-262, (Online) dalam eric (http://eric.ed.gov/?id=EJ843565), diakses 12 November 2015. DOI: https://doi.org/10.1007/s10972-009-9131-1

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. http://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2015/148041-Kesadaran-Lingkungan-Masyarakat-Sidoarjo-Kurang

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2016-02-29
 
How to Cite
Wulandari, R. (2016). Metode Kunjungan Lapangan untuk Menanamkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), 67-80. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.90
Section
Education General