Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar
CTL (Contextual Teaching and Learning) Learning Model in Improving Learning Outcomes of PGSD Students in Basic Social Sciences Concept Courses
Abstract
Hasil belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku dalam pengetahuan, sikap, dan ketrampilan yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama.Mata kuliah Konsep IPS Dasar merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang konsep dasar IPS sebagai landasan kajian yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi social science (ilmu sosial), social studies (studi sosial), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). IPS merupakan pembelajaran pada tingkat sekolah yang berperan mengfungsionalkan ilmu-ilmu sosial yang bersifat teoritik dalam kehidupan nyata dalam masyarakat. Model pembelajaran CTL adalah model pembelajaran yang menuntut kreatifitas guru dalam mengaitkan subject matter dengan kehidupan nyata mahasiswa guna membantu mahasiswa untuk lebih mudah memaknai materi tersebut.
References
Amir, Mohammad Faizal. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui implementasi Pembelajaran Abad 21, 2015, 34-42.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung : Yrma Widya.
Chomsin S Widodo & Jasmadi. 2008. Pandun menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: elex Media
Johnson, Elaine. 2007 Contectual Teaching and Learning. Bandung: MLC
Komalasari, Kokom. 2010 Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama
Muslich, Masnur. 2010. Texs Book Wraiting (dasar-dasar pemahaman penulisan, dan pemakaian Buku Teks). Jogjakarta: Ar-ruzz Medias
Rasyid, Harun dan Mansyur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima
Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruz media
Trianto, 2007. Model Pembelajaran terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Trianto, 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Cerdas Pustaka Pubisher
Trianto. 2012. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Jakarta: prestasi Pustaka Raya
Tjipto subroto, Waspodo dan Suhanadji. 2013. Pendidikan IPS. Surabaya: insan cendikia
Copyright (c) 2016 Wahyu Susiloningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.