Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar


CTL (Contextual Teaching and Learning) Learning Model in Improving Learning Outcomes of PGSD Students in Basic Social Sciences Concept Courses


  • (1) * Wahyu Susiloningsih            Kampus II Jl. Dukuh Menanggal XII Surabaya  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Hasil belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku dalam pengetahuan, sikap, dan ketrampilan yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama.Mata kuliah Konsep IPS Dasar merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang konsep dasar IPS sebagai landasan kajian yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi social science (ilmu sosial), social studies (studi sosial), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). IPS merupakan pembelajaran pada tingkat sekolah yang berperan mengfungsionalkan ilmu-ilmu sosial yang bersifat teoritik dalam kehidupan nyata dalam masyarakat. Model pembelajaran CTL adalah model pembelajaran yang menuntut kreatifitas guru dalam mengaitkan subject matter dengan kehidupan nyata mahasiswa guna membantu mahasiswa untuk lebih mudah memaknai materi tersebut.

References

Amir, Mohammad Faizal. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui implementasi Pembelajaran Abad 21, 2015, 34-42.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung : Yrma Widya.

Chomsin S Widodo & Jasmadi. 2008. Pandun menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: elex Media

Johnson, Elaine. 2007 Contectual Teaching and Learning. Bandung: MLC

Komalasari, Kokom. 2010 Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama

Muslich, Masnur. 2010. Texs Book Wraiting (dasar-dasar pemahaman penulisan, dan pemakaian Buku Teks). Jogjakarta: Ar-ruzz Medias

Rasyid, Harun dan Mansyur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima

Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruz media

Trianto, 2007. Model Pembelajaran terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Trianto, 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Cerdas Pustaka Pubisher

Trianto. 2012. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Jakarta: prestasi Pustaka Raya

Tjipto subroto, Waspodo dan Suhanadji. 2013. Pendidikan IPS. Surabaya: insan cendikia

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2016-02-29
 
How to Cite
Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), 57-66. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89
Section
Social Education