Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Pada Pendekatan Scientific Mengacu Pada Kurikulum 2013 Untuk Kelas Tinggi Sekolah Dasar


Development of Thematic Learning Models Based on Scientific Approaches Referring to the 2013 Curriculum for Elementary High School Classes


  • (1) * Agustiningsih Agustiningsih            Universitas Negeri Jember  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, karena dalam penelitian ini dikembangkan perangkat tematik berbasis pendekatan scientific. Dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, mengacu pada unsur-unsur model pengembangan perangkat pembelajaran Tiagarajan yang disebut four-D Models. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar Siswa, Lembar Kerja Siswa dan Tes Hasil Belajar yang diterapkan pada siswa SD kelas 5. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran dan efektivitas penerapan perangkat pembelajaran model pembelajaran tematik. Rancangan penelitian yang digunakan pada saat pengembangan penerapan perangkat pembelajaran adalah mengacu pada tahapan pengembangan four-D models yang meliputi empat tahapan yaitu definedesigndevelope dan diseminate. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah memiliki kualitas yang baik dan layak untuk digunakan. Hal ini dasarkan pada hasil penliaian oleh 2 validator menunjukkan bahwa kualitas silabus, RPP dan Buku Ajar Siswa model materi dengan menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific memiliki kualitas model baik dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran model pembelajaran tematik berbasis pendekatan scientific  yang dikembangkan adalah baik dan telah memenuhi kelayakan sebagai perangkat pembelajaran di sekolah dasar kelas tinggi serta efektif menunjang pembelajaran

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Djamarah, S.B. dan Zain, A. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Pusat Kurikulum. 2012. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembanga Departemen Pendidikan Nasional.

Pusat Kurikulum. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembanga Departemen Pendidikan Nasional.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Pulaski, Mary Ann Spencer. 1980. Understanding Piaget. New York: Harper & Row Publisher.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2015-08-31
 
How to Cite
Agustiningsih, A. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Pada Pendekatan Scientific Mengacu Pada Kurikulum 2013 Untuk Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(2), 95-104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.11
Section
Education Media and learning resources

Funding data