Peningkatan Kemampuan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Siswa Kelas V Di MI Manbaul Hikmah Kediri Improving Students' Metacognitive Ability Through Thematic-Integrative Learning of Class V Students at MI Manbaul Hikmah Kediri

Main Article Content

Enik Setiyawati
Dian Novita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan metakognitif siswa melalui pembelajaran tematik-integratif Siswa Kelas V Di MI Manbaul Hikmah Kediri dan untuk mengetahui kendala-kendala yang ditemukan selama pembelajaran Pembelajaran Tematik-Integratif Siswa Kelas V Di MI Manbaul Hikmah Kediri. Tujuan jangka panjang yang ingin dicapai adalah meningkatkan ranah afektif dan psikomotorik siswa SD dalam pembelajaran tematik-integratif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Pada setiap siklus PTK yaitu siklus 1 dan siklus 2 terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain : perancangan, tindakan dan observasi, refleksi serta revisi. Kemampuan metakognitif siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan kempuan siswa membuat rancangan secara jelas langkah/prosedur yang akan dilakukan dengan anggota kelompoknya masing-masing sebelum melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi. Selain itu, siswa juga telah mampu membuat prediksi dari berbagai permasalahan yang terjadi dan telah diamati dan di diskusikan dalam kegiatan kelompok dan sekaligus mampu melakukan evaluasi dari hasil prediksi yang dilakukan sebelumnya

Article Details

How to Cite
Setiyawati, E., & Novita, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Siswa Kelas V Di MI Manbaul Hikmah Kediri. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(2), 83-94. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.20
Section
Education Media and learning resources

References

Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas

Depdikbud. (1997). Pembelajaran Terpadu D-II PGSD dan S-2 Pendidikan dasar. Jakarta: Depdikbud.

Depag. (2006). Pedoman Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusdiklat.

Dahar, W. (1988). Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jatmiko, Budi, & Rachmadiarti Fida. 2005. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). UNESA: Depdiknas.

Ratumanan, T.G. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukidin, Basrowi, & Suranto. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.

Suherman, H. Erman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-IMSTEP.

Taccasu Project. 2008 “Metacognition”. Online (http://www.hku.hk/cepc/taccasu/ref/metacognition.html). Diakses pada 10 Mei 2009.