Pengembangan Kompetensi Ilmiah Siswa Berorientasi Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Development of Student Scientific Competence Oriented Integrated Learning Model Connected Type

Main Article Content

Enik Setiyawati

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam kegiatan penyelidikan/penelitian, mengembangkan kemampuan siswa dalam bersikap ilmiah serta kemampuan siswa dalam berkomunikasi ilmiah. Penilaian kemampuan siswa dalam kegiatan penyelidikan/penelitian meliputi kemampuan menyusun penyelidikan/penelitian, memilih instrumen, mengumpulkan data, mengolah/menganalisis data serta menyimpulkan hasil. Penilaian kemampuan siswa dalam bersikap ilmiah meliputi kemampuan memperhatikan pendapat siswa lain, bekerja sama serta mengembangkan keingintahuan. Penilaian kemampuan siswa dalam berkomunikasi ilmiah meliputi kemampuan membuat laporan tertulis, menyampaikan pendapat serta menyatakan argumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan adanya pencapaian yang baik pada masing-masing aspek kompetensi Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan model terpadu tipe connected dapat mengembangkan kompetensi ilmiah siswa.

Article Details

How to Cite
Setiyawati, E. (2011). Pengembangan Kompetensi Ilmiah Siswa Berorientasi Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(1), 11-20. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.29
Section
Education General

References

Depdiknas. (2003).
Standart Kompetensi Mata Pelajaran sains. Jakarta: Depdiknas. Fogarty, R. (1991).
How To Integrate The Curricula. Illionis: IRI/Skylight Publishing, Inc. Ibnu. (2003).
Revival of Competency Based Teacher Education. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 10 nomor 3. Mulyasa. (2003).
Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Prabowo. (2000).
Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Terpadu dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK Milenium III. Makalah disampaikan pada Seminar dan Lokakarya Jurusan Fisika FMIPA UNESA bekerja sama dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI) dengan tema Optimalisasi Peranan Fisika Menghadapi Perkembangan IPTEK Milenium III pada tanggal 10 Februari 2000. UNESA 2000.
Umar, Jarnuji. (2003).
Makalah Komprehensif Penerapan Perangkaat Pembelajaran Sians SMP Materi Pokok Cahaya Berorientasi Pada Model Pembelajaran terpadu Tipe Connected. Surabaya: UNESA