Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Pengamatan dan Demonstrasi di Sekolah Dasar
Improving Student Understanding Through Observations and Demonstrations in Elementary Schools
Abstract
Dalam pembelajaran IPA, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi khususnya pada materi Energi dan Kegunaannya. Hal tersebut terjadi di karenakan siswa kurang berpartisispasi aktif dalam pembelajaran dan kurang beraninya siswa dalam mengemukakan pendapatnya, sehingga ketuntasan hasil belajar tidak dapat dicapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki cara belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Lokasi penelitian ini adalah di kelas II SDN Balongdowo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, dengan jumlah siswa 40 orang, terbagi menjadi 8 kelompok belajar. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 40 siswa hanya 11 siswa (27,5%) yang dapat mengerjakan soal dengan keberhasilan nilai diatas 70, sedangkan siswa lainnya masih kurang. Pada siklus II sudah menunjukkan adanya penuingkatan penguasaan materi siswa, terbukti hasil nilai yang diperoleh dari 40 siswa sebanyak 35 siswa (87,5%) sudah mencapai nilai diatas 70.Berdasarkan hasil diatas membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran terpadu dan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran.
References
Darmodjo Hendro, Kaligis Yeni, Dewiki Santi, Yuniati Putri Koes Hardini Sri (2006) ilmu alamiah dasar. Jakarta : Universitas terbuka
Khamim, dkk (2007) IPA untuk SD kelas II. Semarang
Muchtar S. P. Kasmuri Panut (2007) Dunia Ilmu Pengetahuan Alam SD kelas II. Jakarta
Mulyasa E.. (2005) Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung
Surya M. dkk (2006) kapita selecta kependidikan SD. Jakarta : Universitas terbuka
Sutarno Nono, dkk (2007) materi dan pembelajaran IPA SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Wardani I.G.A.K, Julaeha Siti, Marsinah Ngadi. (2007) Pemantapan Kemampuan professional (panduan). Jakarta : Universitas Terbuka
Wardani I.G.A.K., Wihardit Kuswaya, Nasoetion Noehi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Copyright (c) 2015 Kustiyah Kustiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.