Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Pengamatan dan Demonstrasi di Sekolah Dasar


Improving Student Understanding Through Observations and Demonstrations in Elementary Schools


  • (1) * Kustiyah Kustiyah            Balongdowo, Kepoh Baru, Bojonegoro Regency, East Java 62194  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Dalam pembelajaran IPA, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi khususnya pada materi Energi dan Kegunaannya. Hal tersebut terjadi di karenakan siswa kurang berpartisispasi aktif dalam pembelajaran dan kurang beraninya siswa dalam mengemukakan pendapatnya, sehingga ketuntasan hasil belajar tidak dapat dicapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki cara belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Lokasi penelitian ini adalah di kelas II SDN Balongdowo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, dengan jumlah siswa 40 orang, terbagi menjadi 8 kelompok belajar. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 40 siswa hanya 11 siswa (27,5%) yang dapat mengerjakan soal dengan keberhasilan nilai diatas 70, sedangkan siswa lainnya masih kurang. Pada siklus II sudah menunjukkan adanya penuingkatan penguasaan materi siswa, terbukti hasil nilai yang diperoleh dari 40 siswa sebanyak 35 siswa (87,5%) sudah mencapai nilai diatas 70.Berdasarkan hasil diatas membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran terpadu dan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran.

References

Darmodjo Hendro, Kaligis Yeni, Dewiki Santi, Yuniati Putri Koes Hardini Sri (2006) ilmu alamiah dasar. Jakarta : Universitas terbuka

Khamim, dkk (2007) IPA untuk SD kelas II. Semarang

Muchtar S. P. Kasmuri Panut (2007) Dunia Ilmu Pengetahuan Alam SD kelas II. Jakarta

Mulyasa E.. (2005) Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung

Surya M. dkk (2006) kapita selecta kependidikan SD. Jakarta : Universitas terbuka

Sutarno Nono, dkk (2007) materi dan pembelajaran IPA SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Wardani I.G.A.K, Julaeha Siti, Marsinah Ngadi. (2007) Pemantapan Kemampuan professional (panduan). Jakarta : Universitas Terbuka

Wardani I.G.A.K., Wihardit Kuswaya, Nasoetion Noehi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2015-02-28
 
How to Cite
Kustiyah, K. (2015). Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Pengamatan dan Demonstrasi di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 70-74. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.74
Section
Elementary Education