Kompetensi Guru Iklim Kerja, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMA


Teacher Competence, Work Climate, and Achievement Motivation on High School Teacher Performance


  • (1) * Afrinelli Hasan            Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang, Sumatera Barat 25131  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Objek penelitian ini adalah guru SMA di Kecamatan Nanggalo  Padang, dengan jumlah populasi sebanyak 105 orang. Sampel sebanyak 52 orangyang dipilih dengan metode stratified proportional random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kompetensi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.Artinya semakin meningkat Kompetensi Sosial maka akan dapat meningkatkankinerjaguru SMA di kecamatan Nanggalo Padang. (2) Kompetensi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi guru. Artinya semakin meningkat kompetensi sosial guru, akan meningkatkan keinginan guru memotivasi diri untuk berprestasi pada SMA di kecamatan Nanggalo Padang. (3) Iklim kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap  motivasi berprestasi guru. Artinya semakin baik iklim kerja semakin tinggi motivasi berprestasi guru berprestasi SMA di kecamatan Nanggalo Padang. (4) Iklim Kerja  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Artinya semakin baik iklim kerja, akan semakin meningkat kinerja guru SMA di kecamatan Nanggalo Padang. (5) Motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Artinya semakin baik motivasi berprestasi guru, semakin meningkat kinerja guru SMA di kecamatan Nanggalo Padang. Peningkatan kinerja guru dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: a) melibatkan guru dalam melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah., b) meningkatkan hubungan dan komunikasi yang efektifdisekolah maupun dengan institusi pendidikan. c) mendorong guru untuk menyusun rencana kerja yang menyeluruh dan berusaha untuk merealisasikan rencana tersebut.

References

Depdiknas. 2005. Undang-undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Pedoman Sertifikasi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Hamzah. (2006).Manajemen Kinerja Guru Di Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Hasibuan, Melayu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2007). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Bandung. Refika Aditama.

Wahjosumidjo 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Winardi. 2002. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Yamin, Martinis. (2010). Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2015-02-28
 
How to Cite
Hasan, A. (2015). Kompetensi Guru Iklim Kerja, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMA. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 8-15. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.67
Section
Education General