Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (beyond center and circle Time) BCCT Pada PAUD
Development of BCCT-Based Strategic Management Model (beyond center and circle Time) in PAUD
Abstract
BCCT (Beyond Centre and Circle Time) merupakan pendekatan pembelajaran melalui sentra dan lingkaran. Semua pembelajaran dilakukan sambil bermain. Manajemen strategik dapat dipandang sebagai hal yang mencakup tiga macam elemen utama (analisis strategik, pilihan strategik yang berhubungan dengan perumusan aneka macam arah tindakan, evaluasinya, implementasi strategi). Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah action research. Adapun hasil penelitian pengembangan model manajemen strategik efektif dalam mengatasi permasalahan yang kompleks disekolahan dan maksimalnya peran kepala sekolah dalam menjalankan strategi sekolah.
References
Akdon. (2007). Strategic management for educational management. Bandung: Alfabeta. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Centre and Circle Time (BCCT) Pendekatan Sentra dan Lingkaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Gutama. (2008). Arah Kebijakan PAUD. Makalah Disajikan dalam Pelatihan Pendidik dan tenaga Kependidikan PAUD Aisyiyah tingkat Regional Indonesia Tengah. Hotel Fortuna. Solo, 4 Januari 2008. Hariwiwijaya dan Sukaca, Bertiani Eka. (2009). PAUD. Melejetkan Potensi Anak dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Mahadhika. Herawati, Nety.( 2005). Buku Pendidik Anak Usia Dini. Jakarta: Quantum Isnanto, Totok. (2008). Risalah Program PAUD Jawa Timur. Makalah disajikan dalam seminar guru PAUD Aisyiyah se Jawa Timur. Aula lt 2 Dinas P & K Jawa Timur. Surabaya, 28 November 2008 Jatmiko, Rahmad Dwi. (2003). Manajemen Stratejik. Malang: UMM Press Nawawi, Hadari. (2003). Manajemen Strategik Organisasi non profit bidang pemerintahan dengan ilustrasi bidang pendidikan. Yogyakarta: Gajah Mada Press Pidarta, Made. (2006). Analisis Data Penelitian-penelitian Kualitatif dan Artikel. Surabaya: Unesa University Press Riyanto, Yatim. (2007). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: UNIPRES Rindaningsih, Ida. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Halaqa Jurnal Fakultas Tarbiyah, Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMSIDA. vol. 8. No. 1 April 2009 Sagala, Syaiful. (2007). Manajemen Strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta Satmoko, (2004). Mendesain Strategi Pelatihan Karyawan. Jakarta: Seyma Media Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta Undang-Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2008). Bandung: Nuansa Aulia Wangsadipura, Khairuddin. (2008). Keefektifan Manajemen Pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini di Yayasan Al Falah Batu belek Lombok Timur. Thesis tidak diterbitkan. Surabaya Pascasarjana UNESA
Copyright (c) 2012 Ida Rindaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.