Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Sebagai Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Terhadap Prestasi The Influence of the Application of Experimental Methods as the Implementation of the Education Unit Level Curriculum (KTSP) on Achievement

Main Article Content

Septi Budi Sartika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap prestasi belajar siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai implementasi KTSP pada materi pokok perpindahan panas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental, menggunakan populasi dengan sampel 4 kelas, yaitu 3 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil dengan menggunakan uji t dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap prestasi siswa pada materi pokok perpindahan.

Article Details

How to Cite
Sartika, S. B. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Sebagai Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Terhadap Prestasi. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 189-212. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.41
Section
Education General

References

Ali, Muhammad. 2000. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta. Djamarah, Saiful Bahri. 1997. Prestasi Belajar dan Kompetensi. Jakarta : Usaha Nasional Indonesia. Hasanah, Retno. 2001. Fisika Dasar Seri Thermofisika. Surabaya: Unesa Press. Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : Rosda. Resnick, Halliday. 1987. Fisika Jilid 1 Edisi Ketiga Terjemahan Pantur Silaban dan Erwin Sucipto ITB. Jakarta: Erlangga. Sudirman. 1991. Ilmu Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya. Tuckmann, Bruce, W. 1978. Conducting Educational Research. San Diego: Harcourt Brace Jovanovich, Publisers. http://id.wikipedia/wiki/taksonomi_bloom diakses tanggal 31 Oktober 2007