Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Model Pembelajaran Pemaknaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Development of Learning Devices Oriented Physics Learning Model Meaning to Improve Student Learning Outcomes
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berorientasi model pembelajaran pemaknaan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang direduksi menjadi 3-D, yaitu define, design, and develop. Uji coba perangkat pembelajaran ini dilakukan di Kelas VIII E SMP Negeri 21 Surabaya, dengan menggunakan One Group Pre test and Post test Design. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: validitas berkategori baik dan layak digunakan, tingkat kesulitan Buku Ajar Siswa dan Lembar Kegiatan Proses masing-masing sebesar 6% dan 7%, tingkat keterbacaan Buku Ajar Siswa dan Lembar Kegiatan Proses masing-masing sebesar 99,4% dan 98%. Sedangkan Hasil implementasi pembelajaran meliputi: keterlaksanaan RPP selama tiga kali pertemuan berkategori baik, aktivitas siswa berkategori cukup aktif, dan siswa merespon positif seluruh komponen pembelajaran pemaknaan. Juga diperoleh Hasil Belajar Proses sebesar 91,3; Hasil Belajar Psikomotor sebesar 95,4; Hasil Belajar Kognitif sebesar 84,2; dan Sensitivitas Moral sebesar 91,6. Hasil belajar ini meningkat signifikan dari nilai pre testnya. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berorientasi model pembelajaran pemaknaan yang berkualitas mampu meningkatkan hasil belajar dan sensitivitas moral siswa SMP.
References
Ali, Muhammad. 2004. Guru dalam Proses Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo. Arends, I. Richard. 1997. Learning to Teach. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta. Blazi, Augusto. 1995. Moral Integration dalam Kurtines, W.M. & Gewirtz, J.L Moral Development, an Introduction. Needham Heights: A Simons and Schuster Company. Borich, G.D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching. New York: Mc. Millan Publishing Company. Bueche, Frederick. J. 1989. Fisika Edisi Kedelapan Seri Buku Schaum Teori dan Soal-soal. Jakarta: Erlangga. Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT asdi Mahasatya. Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Duska, Ronald, & Whelan, Mariellen. 1975. Moral Development, a Guide to Piaget and Kholberg. New York: Paulist Press. Djohar. 2003. Pendidikan Strategik: Alternatif untuk Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta. Edmund, V. Sullivan. 1975. Moral Learning. New York: Paulist Press. Fraenkel, Jack R. 1977. How to Teach about Value an analytic Approach. New Jersey: Prentice Hall. Gunarsa, D. Singgih. 1982. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia. Habibi. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Model Pembelajaran Pemaknaan untuk Mengajarkan Kemampuan Akademik dan Sensitivitas Moral. Tesis Magister Pendidikan, tidak dipublikasikan. Surabaya: Pascasarjana UNESA. Higgins, Ann. 1995. Educating for Justice and Community; Lawrence Kholberg’s Vision of Moral Education dalam Kurtines, W.M. & Gewirtz, J.L Moral Development, an Introduction. Needham Heights: A Simons and Schuster Company. Ibrahim, Muslimin. 2002. Assesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press. Ibrahim, Muslimin. 2008. Model Pembelajaran IPA Inovatif Melalui Pemaknaan. Jakarta: Tim Peneliti Balitbang. Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika 1B KBK. Jakarta: Erlangga. Kurtines, W.M & Gewirtz, J.L. 1995.Moral Development, an Introduction. Needham Heights: A Simons and Schuster Company. Lisnawati, Cucu. 2009. Artikel Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah-sekolah. www.infodiknas.com diakses tanggal 30 Mei 2009. Masitah & Mohamad Nur. 1998. Teori-teori Perkembangan Sosial dan Perkembangan Moral. Surabaya: Pascasarjana IKIP Surabaya. Mulyasa, E. 2004. KBK, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya. Mulyasa, E.. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda. Nur, M, dkk. (1996). Pola Pembelajaran dan Sosok Tenaga Kependidikan yang sesuai dengan tantangan dan tuntutan kehidupan tahun 2020. Makalah yang disampaikan pada Konvensi Pendidikan Indonesia III di Ujung Pandang, 4-7 Maret 1996. Nur, M. 2004. Teori-teori Perkembangan Kognitif Edisi 2 saduran dari Buku Educational Psychology Theory and Practice Fifth Edition oleh Robert E. Slavin John Hopkins University. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika sekolah UNESA.
Copyright (c) 2011 Septi Budi Sartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.