Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Model Pembelajaran Pemaknaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Development of Learning Devices Oriented Physics Learning Model Meaning to Improve Student Learning Outcomes
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berorientasi model pembelajaran pemaknaan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang direduksi menjadi 3-D, yaitu define, design, and develop. Uji coba perangkat pembelajaran ini dilakukan di Kelas VIII E SMP Negeri 21 Surabaya, dengan menggunakan One Group Pre test and Post test Design. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: validitas berkategori baik dan layak digunakan, tingkat kesulitan Buku Ajar Siswa dan Lembar Kegiatan Proses masing-masing sebesar 6% dan 7%, tingkat keterbacaan Buku Ajar Siswa dan Lembar Kegiatan Proses masing-masing sebesar 99,4% dan 98%. Sedangkan Hasil implementasi pembelajaran meliputi: keterlaksanaan RPP selama tiga kali pertemuan berkategori baik, aktivitas siswa berkategori cukup aktif, dan siswa merespon positif seluruh komponen pembelajaran pemaknaan. Juga diperoleh Hasil Belajar Proses sebesar 91,3; Hasil Belajar Psikomotor sebesar 95,4; Hasil Belajar Kognitif sebesar 84,2; dan Sensitivitas Moral sebesar 91,6. Hasil belajar ini meningkat signifikan dari nilai pre testnya. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berorientasi model pembelajaran pemaknaan yang berkualitas mampu meningkatkan hasil belajar dan sensitivitas moral siswa SMP.
Article Details
Copyright (c) 2011 Septi Budi Sartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.