Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini
Outbound Learning Model For Early Childhood
Abstract
Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalanisuatu proses perkembangan dengan sangat pesat dan sangat fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Maka pembelajaran yang diberikan kepada anak usia dini bukan berorientasi pada sisi akademis saja melainkan menitikberatkan kepada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, bahasa, intelektual, sosial-emosi serta seluruh kecerdasan. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan pada anak usia dini adalah pendidikan luar ruang (outbound education). Outbound merupakan suatu program pembelajaran di alam terbuka yang berdasarkan pada prinsip experiential learning (belajar melalui pengalaman langsung) yang disajikan dalam bentuk permainan, simulasi, diskusi dan petualangan sebagai media penyampaian materi.
References
Abd. Gafur, Disain Instruksional, (Solo: Tiga Serangkai, 1987) Ali Nugraha, Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini, (Bandung: JILSI Foundation, 2008) Anwar dan Arsyad Ahmad, Pendidikan Anak Usia Dini, (Bandung: Alfabeta, 2009) Artikel Sinar Harapan,(Jakarta) 20 Maret 2003 Ashak Abdulhak. “Memposisikan Pendidikan Anank Usia Dini dalam Sistem Pendidikan Nasional” Buletin PADU. Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Edisi 03, Desember 2002. (Jakarta: Dir.PAUD, Dirjend. PLSP, Depdiknas, 2007) Baharudin. dan Wahyuni, Nur Esa. Teori Belajar & Pembelajaran. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2008) Charles Wolfgang dan Marry E. Wolfgang. School for Young Children: Developmentally Approriate Practice, (USA: Allyn and Bacon, 1992) Departemen Pendidikan Nasional, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No.20 Tahun 2003) dan peraturan pelaksanaannya, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003) Djamaludin Ancok, Outbound Management Training, (Yogyakarta:Pusat Outbound H-READ UII,2002) Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak Jilid 1, (Jakarta:Erlangga, 1999) Elizabeth G Hainstock, Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Prasekolah, (Jakarta: Pustaka Delpratasa, 1999) Ika Budi Maryatun, “Penerapan Program Kegiatan Outbound dalam Mengembangkan Perseptual Motor Anak TK Kelompok B (usia 5-6 tahun) di Sekolah Alam Al Jannah”, Disertasi, (Jakarta: UNJ, 2009) Karti Soeharto, Teknologi Pembelajaran, (Surabaya: Surabaya Intellectual Club, 1995) Ki Hajar Dewantara, Bagian Pertama: Pendidikan, (Jogjakarta: Madjelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1962) Laksmi Wijayanti, “Pengembangan Motorik Kasar dalam kaitannya dengan Karakteristik Anak dan Aplikasi Konsep DAP pada usia 4-5 Tahun”, Skripsi, (Jakarta: UNJ, 2007) Mayke S.Tedjasaputra, Bermain mainan dan permainan untuk pendidikan usia dini, (Jakarta: Grasindo,2001) Moeslichatoen, R., Metode pengajaran di taman kanak-kanak. (Jakarta:Penerbit Rineka Cipta, 1999) Mutiara Magta, “Pengembangan Konsep Diri melalui Kegiatan Outbound pada Anak Usia 7-8 Tahun”, Skipsi, (Jakarta: UNJ, 2006) Oemar Hamalik, Pendekatan baru strategi belajar mengajar berdasarkan CBSA, (Bandung: penerbit Sinar Baru Algesindo, 2003) Siti Aisyah, Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008) Solehuddin, Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah, (Bandung: IKIP Bandung, 1997) Sudjana, Nana, Teori-teori Belajar untuk Pengajaran, (Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1991) Sukardjo, M dan Komarudin Ukim, Landasan Pendidikan, (jakarta: Rajawali Press, 2009) Udin S. Winataputra, Model-model Pembelajaran Inovatif, (Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional, DirjenDikti,Depdiknas, 2001) Udin S. Winataputra, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2003) Uwes Uwes A. Chaeruman on: April 14th, 2009, “contoh model pembelajaran experential”http://fakultasluarkampus.net Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998)
Copyright (c) 2012 Luluk Iffatur Rocmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.