Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD


Interaction of Students' Mathematics Learning in Cooperative Learning Type STAD


  • (1) * Dian Septi Nur Afifah            STKIP PGRI Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menuntut siswa untuk bersikap aktif, kreatif dan inovatif. Namun dalam pelaksanaannya menunjukkan adanya kekurangan pada praktek pembelajaran. Salah satu pembelajaran  yang melibatkan siswa aktif adalah pembelajaran kooperatif. Dalam pembelajaran kooperatif siswa saling berinteraksi satu sama lain dalam kelompok untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas. Interaksi belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dibedakan menjadi dua yaitu interaksi belajar siswa dalam tugas dan interaksi siswa di luar tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan interaksi belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-A SMP N I Modo Lamongan dengan jumlah siswa 33 orang. Data interaksi belajar siswa dalam kelompok diperoleh dengan lembar observasi dan rekaman handycam. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa interaksi belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif yang terjadi dalam menyampaikan ide atau pendapat yaitu sebesar 34,4% untuk kelompok 1 dan 32,3% untuk kelompok 2, memberi bantuan yang disertai dengan penjelasan sebesar 15,6% untuk kelompok 1 dan 20,6% untuk kelompok 2, memberi bantuan tanpa disertai dengan penjelasan sebesar 25,0% untuk kelompok 1 dan 20,6% untuk kelompok 2 dan interaksi belajar matematika siswa dalam meminta bantuan sebesar 25,0% untuk kelompok 1 dan 26,5% untuk kelompok 2.

References

A, M, Sardiman. 2008. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Ibrahim, Rachmadiari, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press. Roestiyah, NK. 1994. Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. Bandung: Rineka Cipta. Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning. (terjemahan Lita). Bandung : Nusa Media. Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdiknas. Suradi. 2005. Interaksi Belajar Mengajar Dalam Pembelajaran Matematika Secara Kooperatif. Surabaya. Disertasi. Tidak dipulikasikan. Surabaya: Pasca arjana Universitas Negeri Surabaya.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2012-06-29
 
How to Cite
Afifah, D. S. N. (2012). Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 145-152. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.37
Section
Mathematics Education