Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Keaktifan Siswa dari Kelas Satu Sampai dengan Kelas Enam Pada Semester I


The Influence of Parents' Education Level on the Level of Intelligence and Activeness of Students from Grade One to Grade Six in Semester I


  • (1) * Sunain Sunain            SDN Sumberrejo 3  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

This study aims to determine (1) the effect of parental background education on student learning outcomes, (2) the influence of the level of parental education background with student learning activities. Data collection and documents using 120 questionnaires from students and with descriptive analysis and quantitative techniques. The result of this study also is (1) there is showed significant influence between positive and high parent education background of student learning result with r value 75,5%; (2) there is influence between parent attention with educational background to student learning activity with value r 78.0%.

References

Daryanto. 2009 Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher

De Porter, B; & Hernacki, M. 2001. Quantum Learning. Bandung: Mizan Media Utama

Fuad Ihsan, 1996. Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hadari Nawawi, 1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas,(Jakarta: Haji Masagung.

Haditono, S. R. 1979. Achievement Motivation, Parent’s Educational Level and Child Rearing Practice in Four Occupational Groups.Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

I Nyoman Sudana Degeng, dkk, 2016. Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016

M. Ngalim Purwanto, 2011. Pendidikan Teoritis dan Praktis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

McNeal, R. B. 2014. Parent Involvement, Academic Achievement and the Role of Student Attitudes and Behaviors as Mediators. Journal of Educational Research, (Online).

Nadhiroh, N.S. 2009. Pengaruh Gaya Belajar (Learning Style) dan Lingkungan BelajarTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Malang.

Nana Sudjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Oemar Hamalik. (2009). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto.2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulistyaningsih, S. 2005. Kesiapan Bersekolah Ditinjau dari Jenis Pendidikan Pra Sekolah Anak dan Tingkat Pendidikan Orangtua. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi.

Siti Rahayu Haditama, 1976. Bimbingan Penyuluhan , Jakarta: PT Grasindo.

Suprijono, 2013. A. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedomo Hadi. (2008). Pendidikan (suatu Pengantar). Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UM dan UPT Penerbitan dan Percetakan UM (UM Press).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Visimedia, 2007), cet.1, h. 9.

Umar Tirtarahardja dan La Sula, 2000. Pengantar Pendidikan, Jakarta: Depdikbud dan PT. Rineka Cipta.

Widodo, Ariyo. 2015. Hubungan Tingkat Pendidikan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa SD Kelas V.

Wulandari, S. 2014. Hubungan Tingkat pendidikan Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V A di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogjakarta Semester 1 tahun Pelajaran 2012/2013., Yogyakarta.

Yuliana. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidkan Orangtua dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 3 Wadaslintang Wonosobo. DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.031.01

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2017-08-31
 
How to Cite
Sunain, S. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Keaktifan Siswa dari Kelas Satu Sampai dengan Kelas Enam Pada Semester I. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(2), 160-176. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.942
Section
Education Media and learning resources