Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Anak Picture Story Media to Improve Children's Poetry Writing Skills

Main Article Content

Evi Rizqi Salamah

Abstract

This research was conducted to improve the student’s ability in writing poetry which was caused by the lack of media that can stimulate students’ idea in teaching learning process so that the students’ ability in writing poetry was low. As a solution of that problem, the researcher used pictures story as mediain writing poetry. The researcher used classroom action research as a method. This study was conducted in two cycles and each cycle has four phases namely planning, implementation, observation, and reflection. The data collection was done by using observation, test and field notes. Qualitative and quantitative data analysis were conducted on the activities of teacher and students' test results, whereas the field notes was only as supporting data whichrecorded events during the learning process.Based on the data analysis showed that there were an increase in student learning outcomes and students were able to write good poetry. In addition, the barriers in teaching learning can be solved by giving sanctions and rewards.

Article Details

How to Cite
Salamah, E. R. (2017). Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Anak. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 43-53. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.616
Section
Education Media and learning resources

References

Akhadiah, Sabarti dkk. 1991. Bahasa Indonesia II. Jakarta: Depdikbud.

Ampera, Tufik. 2010. Pengajaran Sastra (Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis Aktivitas). Bandung: Widya Padjadjaran.

Arikunto, Suharsimi.1993.Penelitian Tindakan Kelas.Bandung : Rineka cipta.

________________. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

________________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zaenal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan keterampilan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Depdikbud.

Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pressindo.

Jelatu, Simoen. 2011. Pemanfaatan Media Gambar Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V-A SDN Kebraon I/469 Surabaya. Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Unesa.

Tim Redaksi. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Depdiknas.

Nur’aini Umri dan Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SD Kelas V-A. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan nasional.

Nurgiyantoro, Burhan. 1987. Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia Anak). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1997. Puisi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahayu, Sri dan Yanti Sri. 2009. Babhasa Indonesia untuk SD/MI Kelas V-A.Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Ridwan dan Sunarto.2009. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis.Bandung: Alfabeta.

Riyadh, Sa’ad. 2011. Melatih Otak dan Komunikasi Anak (Meningkatkan Kecerdasan dan Keterampilan Anak Lewat Cerita). Jakarta: Akbar Media.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawan, Aries. 2009. Ice Breakers for Teachers (Seri 1). Surabaya: Eduvision.

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Indeks.

Subana dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, Berbagai Pendekatan Metode, Teknik dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukino.2010. Menulis Itu mudah (Panduan Praktis Manjadi Penulis Handal). Yogyakarta: PT. LKiS Printing Cemerlang.

Supriyadi.2006. Pembelajaran Sastra yang Apresiatif dan Integratif di Sekolah Dasar.Jakarta:Depdiknas.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Sulilo, Herawati dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing.

Syamsudin, dkk. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Action Classroom Research ) Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Wibawa, Basuki dan Farida Mukti. 1991. Media Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

Winarsunu, Tulus. 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan.Malang : UMM Press.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.