Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar
Application of Guided Inquiry Learning Model to Improve Science Learning Outcomes of Elementary School Students
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Keper Krembung. Pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas II SDN Keper Krembung ditemukan bahwa, siswa masih belajar secara individual, kurang adanya kerjasama di antara siswa, dan juga guru kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep-konsep dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN Keper Krembung dengan subyek siswa kelas II sebanyak 24 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc. Taggart, meliputi empat tahap yaitu 1) planning, 2) acting & observing, 3) reflecting dan 4) revise plan. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran sumber-sumber energi siswa kelas II SDN Keper Krembung dapat dilaksanakan dengan baik, dalam dua siklus dengan siklus I dan siklus II. Dari hasil analisis data didapatkan rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke siklus II sebesar 7,28 (10,72%) dengan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 22,23%. Dengan demikian bahwa siklus II dapat dinyatakan berhasil dan terbukti aplikasi model Inkuiri Terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Keper Krembung.
References
Akbar, Sa’dun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah tidak diterbitkan. Malang: FIP UM
Akbar, Sa’dun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Cipta Media Aksara.
Aqib, Zaenal dan Elham Romanto. 2008. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arikunto, S .2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Depdiknas, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Dasar IPA SD dan MI. Jakarta: Pusat Kurikulum Baltibang Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Gintings, Abdorrakhman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajara. Bandung: PT Bumi Aksara
Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama
Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Munadhi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Ciputat: Gaung Persda (GP) Press
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wina Sanjaya. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Copyright (c) 2016 Fitria Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.