Pelaksanaan Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Implementation of Quantum Teaching to Improve Pedagogic Competence of Elementary School Teachers

Main Article Content

Moh Abdul Ghofur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui pelaksanaan quantum teaching di SD Irsyaadul Ibaad Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian peningkatan dengan melakukan pendekatan kualitatif. Penelitian peningkatan ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan sekolah yang mempunyai alur kegiatan bersiklus yaitu: refkelsi awal perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, refleksi, dan evaluasi. Hasil penelitian yang didapat adalah bahwa dengan pelaksanaan quantum teaching dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Berdasar hasil temuan disarankan bahwa: (1) Program pembinaan guru harus dilaksanakan secara berkelanjutan, terutama berkaitan dengan metode, strategi pembelajaran, serta perkembangan teknologi; (2) Kepala sekolah perlu selalu menjaga motivasi guru dalam mengajar untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan; (3) Guru hendaknya selalu meningkatkan kompetensi pedagogik dan kinerjanya melalui kegiatan di dalam maupun di luar sekolah; (4) Perlu adanya pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kompetensi guru.


Article Details

How to Cite
Ghofur, M. A. (2016). Pelaksanaan Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 255-266. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.258
Section
Elementary Education

References

Ali, Muhammad. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Baedhowi, Ahmad. 2015. Manajemen Sekolah Efektif (Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa). Jakarta: Pustaka Alvabet

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit KAIFA.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon, dan Sarah Singer-Nourie. 2001. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Penerbit KAIFA.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem . Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta.

Kementrian PAN dan RB. 2009. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta.

Kusno & Joko Purwanto. “Effectiveness of Quantum Learning for Teaching Linear Program at the Muhammadiyah Senior High School of Purwokerto in Central Java, Indonesia”. Educare : International Journal for Educational Studies, Vol.4. 2011

Marliana, Indah Rimi.2013. Model “Quantum Learning” Sebagai Orientasi Baru Penerapan Psikologi dalam Pendidikan. Penelitian (Penelitian Tidak Dipublikasikan). UNJ Jakarta.

Mulyasa,E . (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru (Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik). Jakarta: Kencana

Pidarta, Made. 2007. Wawasan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Pidarta, Made. 2012. Analisis Data Penelitian-Penelitian Kualitatif dan Artikel (Konsep dan Contoh). (Cetakan kelima). Surabaya:Unesa University Press.

Riyanto, Yatim.2014. Paradigma Baru Pembelajaran.Jakarta: Kencana

Sagala, Syaiful.2010. Supervisi pembelajaran dalam profesi pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana Penada Media.

Selman, Victor, Ruth Corey Selman, Jerry Selman. “Quantum Learning : Learn Without Learning”. International Bussiness & Economics Research journal. Volume 2 Number 4.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, Suryana. 2001. Perilaku Organisasi, Bandung: Universitas Padjadjaran.

Sutikno, M. Sobry. 2009. Pengelolaan Pendidikan: Tinjauan Umum dan Konsep Islami. Bandung: Prospect

Taum, Yoseph Yapi.2006. Model Pembelajaran Quantum Teaching. Makalah. Realino (disampaikan dalam Lokakarya Model-model Pembelajaran yang dilaksanakan P3MP. Realino, 29 – 30 Juni 2006)

Usman, M.Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman, moh Uzer, dan Lilis. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Yunus, abu bakar. 2009. Profesi Keguruan. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.