Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Strategi Think Talk Write (TTW) Analysis of Problem Solving Ability in Think Talk Write (TTW) Strategy

Main Article Content

Mika Ambarwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dengan pendekatan strategi Think-Talk-Write (TTW). Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian terdiri dari 3 mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Pendidikan Matematika dengan kategori nilai tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mahasiswa dengan kategori nilai tinggi dan sedang dapat memahami masalah, namun mahasiswa dengan kategori nilai rendah kurang dapat memahami masalah. (2) Mahasiswa dengan kategori tinggi dapat membuat rencana penyelesaian, tetapi mahasiswa dengan kategori nilai sedang kurang dapat membuat rencana penyelesaian, sedangkan mahasiswa dengan kategori nilai rendah tidak dapat membuat rencana penyelesaian. (3) Mahasiswa dengan kategori tinggi tinggi dapat melaksanakan rencana penyelesaian, tetapi mahasiswa dengan kategori nilai sedang kurang dapat melaksanakan rencana penyelesaian, sedangkan mahasiswa dengan kategori nilai rendah tidak dapat melaksanakan rencana penyelesaian. (4) Mahasiswa dengan kategori tinggi tinggi dapat mengecek kembali hasilnya, tetapi mahasiswa dengan kategori nilai sedang kurang dapat mengecek kembali hasilnya, sedangkan mahasiswa dengan kategori nilai rendah tidak dapat mengecek kembali hasilnya.

Article Details

How to Cite
Ambarwati, M. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Strategi Think Talk Write (TTW). Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 239-246. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.256
Section
Education General

References

Hariyanto, Suyono, 2014. “Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Konsep Dasar”. Bandung: Rosda Karya.

Ilmiah, S dan Masriyah. 2012. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Gaya Belajar. e-Jurnal unesa. Surabaya.

Mufidatun Arfiyani, 2010. “Penerapan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Sentolo Kabupaten Kulonprogo”. ( dalam http://eprints.uny.ac.id/1412/1/halaman_depan_.rtf ). Diakses pada tanggal 29 Maret 2016.

Suyadi, (2013). “ Panduan Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Wajib Bagi Para Pendidik ( Best Seler ) “. Jogjakarta: DIVA Press.