Penerapan Grey-Tall and Polya Based Learning Disertai Assessment for Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa
Application of Grey-Tall and Polya Based Learning Accompanied by Assessment for Learning to Increase Student Creativity
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Gray-Tall and Polya Based Learning (GTPBL) disertai Assessment for Learning (AfL) yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa pada matakuliah aljabar linear. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Gray-Tall and Polya Based Learning (GTPBL) disertai Assessment for Learning (AfL) yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa pada matakuliah aljabar linear dilakukan dengan keaktifan dosen dalam mengoreksi dan memberikan umpan balik hasil kinerja mahasiswa dalam membuat dan menyelesaikan permasalahan aljabar penelitian setiap pertemuan, mahasiswa pada setiap pertemuan selalu merevisi hasil kinerjanya berdasarkan masukan dari dosen dan teman sejawat, sedangkan bentuk projek yang diberikan kepada mahasiswa berupa tugas membuat permasalahan aljabar sesuai dengan materi dan menyelesaikannya dengan setidaknya 3 cara berbeda sesuai kreativitas mahasiswa. Rerata kreativitas mahasiswa berdasarkan indikator kreativitas pada aspek kefasihan dan kebaruan di siklus I lebih besar 75, tetapi pada aspek fleksibilitas hanya mencapai 70,3; sehingga belum memenuhi indikator keberhasilan. Rerata tiap indikator kreativitas mahasiswa pada siklus II lebih besar 75 sehingga memenuhi indikator keberhasilan, secara keseluruhan mahasiswa mengalami peningkatan kreativitasnya.
References
Mahmudi, Ali. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Matematis. Makalah Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA Manado, 30 Juni sampai 3 Juli. 2010.
Pehkonen, Erkki. 1997. The State-of-Art in Mathematical Creativity., Vol. 29, No. 3, 230-245. DOI: https://doi.org/10.1007/s11858-997-0001-z
Samayasa, Natajaya, dan Candisa. 2013. Pengembangan Modul Matematika Realistik disertai Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. (http:), diakses 20 Februari 2014.
Silver, Edward A. 1997. Fostering Creativity Through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. Vol. 29, No. 3, 237-289. DOI: https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x
Siswono, T. Y. E. 2008. Kumpulan Karya 2005-2007. Surabaya: UNESA press.
Stiggins, R. & Chapuis, J. 2006. What a difference a word makes: Assessment FOR learning rather than assessment OF learning helps students succeed. (http://www.nsdc.org/library/pubications/jsd), diakses 5 Januari 2009.
Sugiman. 2011. Prosep-Prosep dalam Matematika Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011.
Young, E. 2005. Assessment for learning: Embedding and extending. (http://www.ltscotland.org.uk/assess/for/index.asp pada 5 Januari 2008).
Copyright (c) 2016 M Zainudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.