Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif Students' Difficulties in Achieving Effective English Learning

Main Article Content

Fika Megawati

Abstract

Di Indonesia bahasa Inggris merupakan bahasa asing untuk dipelajari. Dalam prakteknya baik guru dan siswa masih menghadapi banyak masalah ketika proses pembelajaran. Berbagai respon dapat ditemui di kelas terkait masalah-masalah tersebut, khususnya pada sikap siwa selama mengikuti proses pembelajaran, hasil belajar siswa, dan partisipasi dalam melaksanakan kegiatan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar bahasa Inggris dan faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen angket, observasi, danrekaman video. Analisis data penelitian dilakukan melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris yang beragam. Hal tersebut terjadi akibat factor tingkat penguasaan bahasa Inggris yang berbeda-beda.

Article Details

How to Cite
Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 147-156. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.246
Section
Language Education

References

Afisa, P., & Yolanda, S. (2015). The Students’ Difficulties In Speaking At The Tenth Grade Of SMA Negeri 1 Sine In 2014/2015 Academic Year (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University of Surakarta).

Hasan, A. S. (2000). Learners' perceptions of listening comprehension problems. Language Culture and Curriculum, 13(2), 137-153.

Johnson, G. R. (1930). An objective method of determining reading difficulty. The Journal of Educational Research, 21(4), 283-287.

Kharma, N. (1981). Analysis of the errors committed by Arab university students in theuse of the English definite/indefinite articles. IRAL-International Review of Applied Linguistics in Language Teaching, 19(1-4), 333-345.

Lituanas, P. M., Jacobs, G. M., & Renandya, W. A. (1999). A study of extensive reading with remedial reading students. Language instructional issues in Asian classrooms, 89-104.

Megawati, F., & Anugerahwati, M. (2012). Comic Strips: AStudy on the Teaching of Writing Narrative Texts to Indonesian Efl Students. Teflin, 23(2).

Megawati, F., Mandarani, V. (2016). Speaking Problems in English Communication. Artikeldipresentasikanpada the First ELTiC Conference. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah. 30 Agustus 2016.

Paakki, H. (2013). Difficulties in Speaking English and Perceptions of Accents: A Comparative Study of Finnish and Japanese Adult Learners of English. Unpublished Master‟ s Thesis, University of Eastern Finland.

Rahmawati, I. F. (2011). Improving Eighth Graders’ Reading Comprehension through Autonomous Strategy. SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris-FakultasSastra UM.

Rukmini, A. S. (2011). The Implementation of Teacher Corrective Feedback in Teaching Writing Descriptive Text to The Second Year Students of SMPN 1 Tunjungan in 2010/2011 Academic Year (Doctoral dissertation, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta).

Sugiyono, M. P. P. P. K. (2006). Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Sinaga, F. (2010). Peranan Bahasa Inggris Dalam Era Globalisasi. Tersedia: htpp://kursusinggris.wordpress.com, diakses tanggal 20 Juli 2016

Stanford, P. (2003). Multiple intelligence for every classroom. Intervention in school and clinic, 39(2), 80-85. Peranan Bahasa Inggris.

Zuomin, N. (2005). Approaches to the bottlenecks of interdisciplinary education of English majors—Starting from the problems of ESP in the education of English majors [J]. Foreign Language World, 5, 006.