Penerapan Metode Quantum Learning Berkarakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas VI A SD Al-Falah Tropodo Application of Characterized Quantum Learning Method in Citizenship Education Learning (PKn) for Class VI A Elementary School Al-Falah Tropodo

Main Article Content

Feri Tirtoni

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan ialah dengan  meningkatkan kualitas pembelajaran, misalnya pada bidang studi pendidikan kewarganegaraan (PKN). Selama ini proses pembelajaran bidang studi pendidikan kewarganegaraan (PKN) berpusat pada guru sehingga mengakibatkan suasana proses pembelajaran membosankan dan siswa menjadi pasif. Untuk menjadikan siswa menjadi aktif, kreatif dengan  suasana pembelajaran nyaman  dan menyenangkan maka perlu diterapkannya metode yang tepat. Metode tersebut adalah Quantum Learning Berkarakter yaitu perpaduan dari beberapa strategi, teori belajar yang membuat belajar menjadi nyaman dan menyenangkan dan penuh dengan penyisipan aspek perilaku berkarakter pada siswa saat KBM, serta diiringi alunan musik sebagai relaksasi selama proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, adapun  tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan, motivasi serta prestasi belajar siswa terhadap penerapan metode Quantum Learning Berkarakter. Penelitian ini dilaksanakan di SD Al-Falah Tropodo pada siswa kelas VI A, pemilihan kelas diambil berdasarkan kondisi kemampuan siswa yang cukup heterogen. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 50% siswa sangat senang terhadap suasana belajar dengan menggunakan metode Quantum Learning Berkarakter dan tidak ada siswa yang tidak senang terhadap penerapan metode Quantum Learning Berkarakter Dan dari 23 siswa sebanyak 86,6% telah mencapai ketuntasan belajarnya.

Article Details

How to Cite
Tirtoni, F. (2015). Penerapan Metode Quantum Learning Berkarakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas VI A SD Al-Falah Tropodo. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(2), 161-167. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.19
Section
Social Education

References

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek: Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bungin, Burhan M. 2005. Metodologi penelitian kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Predana Media Group.

Depdiknas. 2002. Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah.

DePorter, Bobbi dan Hernacki. 2002. Nyaman Quantum Learning: Membiasakan Belajar Dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon, Sarah Singer. 2004. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning hand book: Panduan Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Nggermanto, Agus. 2003. Quantum Quotient : Kecerdasan Quantum. Bandung:Nuansa.

Purwanto, Ngalim M. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung:P.T Remaja Rosdakarya.

Sadirman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:P.T Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta:P.T Raja Grafindo Persada.

Trihapsari, Annisa. 2006. “Peningkatan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PPKn Melalui Penerapan Metode Quantum Learning”. Skripsi yang tidak dipublikasikan. IKIP PGRI Adi Buana.

Tyas. 2005. “Penerapan Metode Quantum Writing dalam pengajaran Insya’ tahriri”. Skripsi yang tidak dipublikasikan. IAIN Sunan Ampel

Usman, Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit Rosdakarya.

Yamin, Martinis. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.