Deskripsi Hubungan Komunikasi dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Memecahkan Masalah Matematis
Description of the Relationship between Communication and Emotional Intelligence of Mathematics Education Students in Solving Mathematical Problems
Abstract
Setiap mahasiswa memiliki karakteristik yang berbeda, termasuk kemampuan komunikasi dan kecerdasan emosional. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan memecahkan masalah dan mengkomunikasikan gagasan dan ide matematika. Dosen sebaiknya memperhatikan kemampuan komunikasi dan kecerdasan emosional mahasiswa agar dapat merancang pembelajaran yang mendukung terciptanya komunikasi matematika. Penelitian ini membahas tentang hubungan komunikasi lisan dan kecerdasan emosional mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas dan uji korelasi. Dari data yang sudah diperoleh, karena p = 0,02 (< 0,05), dengan demikian Ho ditolak sehingga disimpulkan ada hubungan antara komunikasi matematis dengan kecerdasan emosional.
References
Ahmad, Mudzakir. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Goleman Daniel. 2006. Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional, mengapa EI lebih penting daripada IQ. Alih bahasa: T. Hermaya. Jakarta: P.T Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, Daniel. 2000. Emitional Intelligence. Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, Daniel. 2000. Working With Emotional Intelligence. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Nasir, Muhammad. 2000. Metodelogi Penelitian. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sutrisno Hadi. 2000. Statistik 2. Yogyakarta : Andi Offset.
Wijaya, Tony. 2010. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta : Univ. Atma Jaya Yogyakarta Press.
Copyright (c) 2015 Ririn Dwi Agustin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.