Deskripsi Hubungan Komunikasi dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Memecahkan Masalah Matematis


Description of the Relationship between Communication and Emotional Intelligence of Mathematics Education Students in Solving Mathematical Problems


  • (1) * Ririn Dwi Agustin            Jl. Simpang Arjuna No.14B  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Setiap mahasiswa memiliki karakteristik yang berbeda, termasuk kemampuan komunikasi dan kecerdasan emosional. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan memecahkan masalah dan mengkomunikasikan gagasan dan ide matematika. Dosen sebaiknya memperhatikan kemampuan komunikasi dan kecerdasan emosional mahasiswa agar dapat merancang pembelajaran yang mendukung terciptanya komunikasi matematika. Penelitian ini membahas tentang hubungan komunikasi lisan dan kecerdasan emosional mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas dan uji korelasi. Dari data yang sudah diperoleh, karena p = 0,02 (< 0,05), dengan demikian Ho ditolak sehingga disimpulkan ada hubungan antara komunikasi matematis dengan kecerdasan emosional.

References

Ahmad, Mudzakir. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Goleman Daniel. 2006. Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional, mengapa EI lebih penting daripada IQ. Alih bahasa: T. Hermaya. Jakarta: P.T Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. 2000. Emitional Intelligence. Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. 2000. Working With Emotional Intelligence. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nasir, Muhammad. 2000. Metodelogi Penelitian. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sutrisno Hadi. 2000. Statistik 2. Yogyakarta : Andi Offset.

Wijaya, Tony. 2010. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta : Univ. Atma Jaya Yogyakarta Press.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2015-08-31
 
How to Cite
Agustin, R. D. (2015). Deskripsi Hubungan Komunikasi dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Memecahkan Masalah Matematis. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(2), 153-160. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.18
Section
Mathematics Education