Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Brayublandong Mojokerto


The Effect of Multiple Intelligences-Based Learning on Mathematics Learning Outcomes of Class III Students at SDN Brayublandong Mojokerto


  • (1) * Maaratus Solikhah            Jl. Raya Telang, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura 69162  
            Indonesia

  • (2)  Ariesta Kartika Sari            Jl. Raya Telang, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura 69162  
            Indonesia

  • (3)  Mohammad Edy Nurtamam            Jl. Raya Telang, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura 69162  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas III SDN Brayublandong masih menggunakan pembelajaran bersifat teacher centered dengan metode konvesional sehingga mengakibatkan siswa pasif dan hasil belajarnya kurang optimal. Siswa kelas III SDN Brayublandong memiliki berbagai karakteristik kecerdasan yang beragam. Oleh karena kecerdasan siswa beragam, dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk dapat memfasilitasi setiap kecerdasan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran, mengetahui pengaruh, dan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis multiple intelligences  terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan desain Pretest-Postest control group design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas III SDN Brayublandong yang dipilih secara acak.Data hasil instrumen tes dianalisis dengan uji statistik. Hasil rata-rata uji gain ternormalisasi sebesar 0,72 dengan kategori tinggi, hasil uji determinasi memiliki pengaruh sebesar 63% dan analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 6,008 > ttabel sebesar 2,080, artinya terdapat pengaruh antara pembelajaran berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Brayublandong. Efektivitas pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81,04 > KKM, rata-rata aktivitas guru= 3,88 dengan kriteria sangat baik, rata-rata aktivitas siswa = 3,58 dengan kriteria sangat baik, dan rata-rata respon positif siswa = 97,39% dengan kriteria sangat kuat.

References

Alika, Anes Putri. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Kalor untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 1 Dawarblanndong Mojokerto”. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Armstrong, T. 2013. Kecerdasan Multipel di dalam Kelas. Jakarta: PT. Indeks

Arthana, K., dan Damajanti Kusuma Dewi. 2005. Evaluasi Media Pembelajaran. Surabaya:Universitas Negeri Surabaya

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Cahyono, A.N. 2008. Hakekat Matematika. IKIP PGRI Semarang http://adinegara26me.files.wordpress.com/2008/09/hakekatmatematika.pdf Diakses tanggal 12 Januari 2015 pukul 12.52

Chomaria, Nurul. 2014. Who Am I? Tes Kepribadian Remaja Muslim. Surakarta: Al-Qudwah Publising

Chatib, Munif. 2011. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Kaifa

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas

Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

English, Evelyn Williams. 2012. Mengajar dengan Empati. Bandung: Nuansa Cendekia.

Fadhila, Rika Nur. 2013. Penerapan metode pembelajaran IPA terpadu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada Pokok Bahasan Tekanan Darah manusia kelas VIII SMP Negeri Babat Kabupaten Lamongan. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya:Universitas Negeri Surabaya

Fitriani, Indah. 2010. Upaya Peningkatan Motivasi, Keterampilan Proses Sains, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Multiple Intelligences di MTs. Surya Buana Malang. Tesis. Tidak dipublikasikan. Malang:Universitas Negeri Malang

Gardner, H. 2013. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Tangerang: Interaksara

Harsanto, Radno. 2007. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius

Hasan, Iqbal & Misbahuddin. 2014. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Jihad, Asep. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo

Karso, dkk. 2009. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang

Murtiwi, Trisnaning Ari. 2013. Efektivitas Pembelajaran berbasis Multiple Intelligence dengan konten integrasi-interkoneksi untuk meningkatkan minat dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta:Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Nur, Fajariyah dan Devi Triratnawati. 2008. Cerdas Berhitung Matematika untuk SD/MI kelas 3. Jakarta: Pusat Perbukuan

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Siregar, Sofyan. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bandung; Bumi Aksara

Sukwati. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika realistik untuk Materi Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Tuban. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya:Universitas Negeri Surabaya

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, Cv.

Tim MKU Bahasa Indonesia. 2012. Bahasa Indonesia Kontekstual. Surabaya: Pustaka Radja

Uno, Hamzah B., dan Masri Kuadrat. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

UPI. (05 Desember 2015). Hakikat_Matematika. Diakses 05 Januari 2015, dari http://file.upi.edu/Direktori/Hakikat_Matematika/upi/edu

Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2015-08-31
 
How to Cite
Solikhah, M., Sari, A. K., & Nurtamam, M. E. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Brayublandong Mojokerto. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(2), 141-152. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.17
Section
Education General