Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Brayublandong Mojokerto
The Effect of Multiple Intelligences-Based Learning on Mathematics Learning Outcomes of Class III Students at SDN Brayublandong Mojokerto
Abstract
Pembelajaran matematika di kelas III SDN Brayublandong masih menggunakan pembelajaran bersifat teacher centered dengan metode konvesional sehingga mengakibatkan siswa pasif dan hasil belajarnya kurang optimal. Siswa kelas III SDN Brayublandong memiliki berbagai karakteristik kecerdasan yang beragam. Oleh karena kecerdasan siswa beragam, dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk dapat memfasilitasi setiap kecerdasan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran, mengetahui pengaruh, dan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan desain Pretest-Postest control group design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas III SDN Brayublandong yang dipilih secara acak.Data hasil instrumen tes dianalisis dengan uji statistik. Hasil rata-rata uji gain ternormalisasi sebesar 0,72 dengan kategori tinggi, hasil uji determinasi memiliki pengaruh sebesar 63% dan analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 6,008 > ttabel sebesar 2,080, artinya terdapat pengaruh antara pembelajaran berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Brayublandong. Efektivitas pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81,04 > KKM, rata-rata aktivitas guru= 3,88 dengan kriteria sangat baik, rata-rata aktivitas siswa = 3,58 dengan kriteria sangat baik, dan rata-rata respon positif siswa = 97,39% dengan kriteria sangat kuat.
References
Alika, Anes Putri. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Kalor untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 1 Dawarblanndong Mojokerto”. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Armstrong, T. 2013. Kecerdasan Multipel di dalam Kelas. Jakarta: PT. Indeks
Arthana, K., dan Damajanti Kusuma Dewi. 2005. Evaluasi Media Pembelajaran. Surabaya:Universitas Negeri Surabaya
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Cahyono, A.N. 2008. Hakekat Matematika. IKIP PGRI Semarang http://adinegara26me.files.wordpress.com/2008/09/hakekatmatematika.pdf Diakses tanggal 12 Januari 2015 pukul 12.52
Chomaria, Nurul. 2014. Who Am I? Tes Kepribadian Remaja Muslim. Surakarta: Al-Qudwah Publising
Chatib, Munif. 2011. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Kaifa
Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas
Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
English, Evelyn Williams. 2012. Mengajar dengan Empati. Bandung: Nuansa Cendekia.
Fadhila, Rika Nur. 2013. Penerapan metode pembelajaran IPA terpadu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada Pokok Bahasan Tekanan Darah manusia kelas VIII SMP Negeri Babat Kabupaten Lamongan. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya:Universitas Negeri Surabaya
Fitriani, Indah. 2010. Upaya Peningkatan Motivasi, Keterampilan Proses Sains, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Multiple Intelligences di MTs. Surya Buana Malang. Tesis. Tidak dipublikasikan. Malang:Universitas Negeri Malang
Gardner, H. 2013. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Tangerang: Interaksara
Harsanto, Radno. 2007. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius
Hasan, Iqbal & Misbahuddin. 2014. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Jihad, Asep. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo
Karso, dkk. 2009. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang
Murtiwi, Trisnaning Ari. 2013. Efektivitas Pembelajaran berbasis Multiple Intelligence dengan konten integrasi-interkoneksi untuk meningkatkan minat dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta:Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Nur, Fajariyah dan Devi Triratnawati. 2008. Cerdas Berhitung Matematika untuk SD/MI kelas 3. Jakarta: Pusat Perbukuan
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Siregar, Sofyan. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bandung; Bumi Aksara
Sukwati. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika realistik untuk Materi Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Tuban. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya:Universitas Negeri Surabaya
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, Cv.
Tim MKU Bahasa Indonesia. 2012. Bahasa Indonesia Kontekstual. Surabaya: Pustaka Radja
Uno, Hamzah B., dan Masri Kuadrat. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
UPI. (05 Desember 2015). Hakikat_Matematika. Diakses 05 Januari 2015, dari http://file.upi.edu/Direktori/Hakikat_Matematika/upi/edu
Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat
Copyright (c) 2015 Maaratus Solikhah, Ariesta Kartika Sari, Mohammad Edy Nurtamam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.