Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Keterampilan Berpikir Kritis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Unggulan Amanatul Surabaya Learning Physics Using Critical Thinking Skills Approach to Improve Student Learning Outcomes at Amanatul Surabaya Superior Middle School

Main Article Content

Miftakhul Ilmi S Putra

Abstract

Pembelajaran Fisika bagi siswa kelas 9 SMP merupakan mata pelajaran yang memiliki kesulitan untuk dipelajari.  Akibatnya, siswa selama mengikuti pembelajaran tidak termotivasi untuk mengemukakan pendapat dan berpikir kritis dalam pembelajaran. Hal ini merupakan tantangan bagi guru IPA fisika  untuk mencari solusi bagaimana kegiatan pembelajaran menjadi bermakna dan siswa dapat mengikuti dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Berpikir Kritis dalam meningkatkan hasil belajar siswa.  Sampel penelitian adalah siswa kelas IX A SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya.  Penelitian dilaksanakan pada bulan November-Desember 2014 menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui tes kognitif, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan berpikir kritis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah mengikuti pembelajaran fisika dengan Pendekatan Keterampilan Berpikir Kritis, rata-rata proporsi jawaban benar dari siswa pada uji awal dan uji akhir dapat meningkat dari 40,83 % menjadi 95,38%.

Article Details

How to Cite
Putra, M. I. S. (2015). Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Keterampilan Berpikir Kritis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Unggulan Amanatul Surabaya. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(2), 127-134. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.15
Section
Science Education

References

Arends, Richard. L. (2012). Learning to Teach 9Th edition. McGraw Hill Companies, Inc: New York. Costa, A.L.(Ed.). (1985). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria: ASCD. Ennis, R. H. (1985). “Goals For A Critical Thinking Curriculum”. Dalam Costa, A.L. (ed). Developing minds: A Resource Book For Teaching Thinking. Alexandria: ASCD. Fraenkel, Jack R., (2009). How to design and evaluate research in education 7th. McGraw Hill Companies, Inc: New York. Schafersman, S.D. (1998). An Introduction to Critical Thinking. http://www.free inquiry.com/critical thinking.html/ Suryabrata, S. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo