Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Media Kerlip (Kertas Lipat) Pada Konsep Kelipatan Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN Bantelan Sumenep Improving Learning Outcomes Through Flickering Media (Folding Paper) on the Concept of Multiple Numbers for Fourth Grade Students at SDN Bantelan Sumenep

Main Article Content

Novaria Angriani

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh guru kelas IV SDN Bantelan Sumenep adalah rendahnnya nilai matematika pada materi konsep kelipatan bilangan. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data bahwa pada tahun ajaran 2012/2013 tercatat sebesar 70% siswa belum tuntas, sedangkan 30% siswa sudah tuntas atau telah memenuhi nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Salah satu penyebab kondisi tersebut terjadi adalah kurang tepatnya media yang digunakan oleh guru serta pembelajaran yang lebih banyak berpusat pada guru (konvensional), sehingga menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan membutuhkan waktu berfikir lama dalam menjawab pertanyaan. Setelah ditemukan masalah penulis berkolaborasi dengan guru bidang studi matematika ingin meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui media kertas lipat. Kertas lipat yang dimaksud adalah bahan manipulatif yang dapat dimainkan dan dilipat dalam menjelaskan konsep kelipatan bilangan. Bahan ini berfungsi menyajikan materi yang relatif abstrak menjadi lebih nyata Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi pada latar penelitian (kelas).Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Dalam penelitian tindakan kelas, yang menjadi salah satu karakteristiknya adalah penelitian dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri atas: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk perbaikan proses dan hasil pembelajaran pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kertas lipat dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi konsep kelipatan bilangan. Nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 52% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 79%. 

Article Details

How to Cite
Angriani, N. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Media Kerlip (Kertas Lipat) Pada Konsep Kelipatan Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN Bantelan Sumenep. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(2), 136-147. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.65
Section
Education Media and learning resources

References

Aisyah, Nyimas dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Konsorsium PJJ S1 PGSD, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Akbar, Sa’dun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas:Filosofi, Metodelogi & Implementasi. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Akbar, Sa’dun dan Luluk Faridatuz. 2009. Prosedur Penyusunan Laporan dan Artikel : Hasil Penelitian Tindakan Kelas, Cipta Media Aksara, Yogjakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik,Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi,dkk. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara, Jakarta, Cet IX, 2010.

Darwati. 2009. Adaptive Help Seeking: Panduan Bagi Guru Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika, Logung Pustaka, Yogyakarta.

Dedi Setiadi.2010. Penggunaan Peraga Kertas Lipat Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Konsep Kelipatan Suatu Bilangan Pada Pelajaran Matematika Kelas V di SD Negeri 1 Pabuaranwetan. http://www.scribd.com/doc/70961002/Proposal-Ptk-Matematika. 21 / April / 2012.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematia di Sekolah Dasar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Jihad, Asep dan Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo, Yogjakarta, Cet I, 2008.

Kasbolah, Kasihani. 2001. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Malang. Universitas Negeri Malang

Muhsetyo, Gatot dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Univerrsitas Terbuka: Jakarta.

Sudjana, Nana.1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta : Bandung.

Suwarsono, St & Sugiarto, Th. 2008. Materi Kuliah Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembalajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yuniarsih, 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan Dengan Alat Peraga Kertas Lipat.

http://www.zainurinet.com/2012/04/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada_21.html, diakses tgl 18 oktober 2012.