Memahami Konsep Matematika Pada Materi Sifat-Sifat bangun Ruang Pada Kelas VB Melalui Kolaborasi Metode Ceramah Demonstrasi dan Eksperimen Understanding Mathematical Concepts in Materials of the Properties of Spatial Structures in Class VB through Collaborative Lectures, Demonstration and Experimental Methods

Main Article Content

Masduri Masduri

Abstract

Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 siklus, diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas VB dapat ditingkatkan melalui penerapan metode ceramah yang dikolaborasi dengan metode demonstrasi dan eksperimen. Hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa selama 2 siklus menunjukkan 93% siswa aktif mengikuti proses pembelajaran. Hasil angket respon siswa juga menunjukkan bahwa siswa tertarik mengikuti pembelajaran dengan metode kolaborasi yang digunakan guru dengan angka persentase 80% siswa menjawab“ya”.Penerapan metode ceramah, demonstrasi dan eksperimen yang dikolaborasi juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami konsep matematika pada materi Sifat-sifat Bangun Ruang. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai tes hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥70 (KKM) sebanyak 29 orang atau sekitar 96,7% pada siklus II secara klasikal dapat dikatakan tuntas, dari yang sebelumnya hanya ada 12 orang siswa (40%) pada siklus I. Nilai rata-rata siswa juga meningkat dari 64,5 pada siklus I menjadi 86,5 pada siklus II. “ya”.Penerapan metode ceramah, demonstrasi dan eksperimen yang dikolaborasi juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami konsep matematika pada materi Sifat-sifat Bangun Ruang. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai tes hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥70 (KKM) sebanyak 29 orang atau sekitar 96,7% pada siklus II secara klasikal dapat dikatakan tuntas, dari yang sebelumnya hanya ada 12 orang siswa (40%) pada siklus I. Nilai rata-rata siswa juga meningkat dari 64,5 pada siklus I menjadi 86,5 pada siklus II.

Article Details

How to Cite
Masduri, M. (2014). Memahami Konsep Matematika Pada Materi Sifat-Sifat bangun Ruang Pada Kelas VB Melalui Kolaborasi Metode Ceramah Demonstrasi dan Eksperimen. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(2), 127-135. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.64
Section
Education Media and learning resources

References

Akbar, Sa’dun. Faridatuz, Luluk. 2011. Prosedur Penyusunan Laporan dan Artikel Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Firdaus, Ardiyansah Yuliniar. (2012). Penerapan Kolaborasi Metode Ceramah, Demonstrasi Dan Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Tahun Pelajaran 2011/2012. Bangkalan: PTK (tidak dipublikasikan)

Nurhadi dan Suwardi. 2010. Evaluasi Pembelajaran yang Aktif dan Menyenangkan. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Pribadi, Benny A. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya:SIC.

Saktyowati, Dian Oky. 2010. Panduan Pendidik: Meningkatkan Mutu Pendidik dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Ghina Walawafa.

Sanjaya, Wina. 2005. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.