Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas I Melalui Teknik Permainan Pesan Berantai Pada Pembalajaran Bahasa Indonesia Improving the Listening Ability of Class I Students Through Chain Message Game Techniques in Indonesian Language Learning

Main Article Content

Imam Imam

Abstract

Siswa kelas 1A SDN Pinggir Papas 1 sebagian besar tidak mempunyai latar pendidikan dari TK, mereka memulai segalanya (mengenal huruf dan angka) dari kelas 1.Kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas 1A juga sangat kurang, mereka terbiasa menggunakan bahasa Madura sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Untuk itu peneliti selaku guru kelas 1A, merasa kesulitan di dalam membelajarkan bahasa Indonesia kepada siswa. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang rendah di segala aspek keterampilan bahasa, yaitu pada aspek membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Setiap diadakan penilaian terhadap salah satu aspek keterampilan bahasa yang diajarkan, misalnya keterampilan menyimak, nilai hasil belajar siswa selalu di bawah KKM yang telah ditentukan yaitu 65, hanya ada beberapa siswa yang mampu memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditentukan.Sebagai alternatif pemecahan masalah maka peneliti sebagai guru kelas 1 berupaya melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas 1A Melalui Teknik Permainan Pesan Berantai pada Pembelajaran Bahasa Indonesia”.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus dengan menggunakan metode observasi dan tes serta data catatan lapangan selama proses pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyimak siswa kelas 1A dapat ditingkatkan melalui penerapan metode permainan pesan berantai pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu membedakan bunyi bahasa di SDN Pinggir Papas 1 Sumenep. Peningkatan kemampuan menyimak tersebut ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa setelah mengikuti tes dari guru dengan ketuntasan belajar mencapai 100% dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,25.

Article Details

How to Cite
Imam, I. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas I Melalui Teknik Permainan Pesan Berantai Pada Pembalajaran Bahasa Indonesia. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(2), 111-118. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.62
Section
Education Media and learning resources

References

Arikunto, Suharsimi. Dkk. 2010.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdikans. 2006. Permendiknas Nomor 22. Jakarta.

Kosasih, E. 2010.Pendekatan, Metode dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Genesindo.

Riskiyah.2011. Peningkatan Kompetensi Menulis Melalui Cerita Berantai dengan Gambar Seri bagi Siswa Kelas 1 SDN Ellak Laok IV Kecamatan Lenteng (PTK). Jakarta: Jurnal Cendekia.

Trianto.2012. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.