Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Badung 3 Bangkalan Application of Experimental Methods to Improve Science Learning Achievement of Class V SDN Badung 3 Bangkalan

Main Article Content

Rini Susdamayanti

Abstract


Proses pembelajaran pada hakikatnya adalah mengembangkan aktivitas dan kreatifitas siswa, melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Pengalaman belajar yang lebih menunjukkan kaitan unsur konseptual akan menjadikan proses belajar lebih efektif. Salah satu alternatif untuk memperoleh hasil belajar yang baik dalam pembelajaran IPA adalah dengan menerapkan metode eksperimen, dimana siswa melakukan suatu percobaan sendiri tentang sesuatu hal yang dipelajarinya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru. Dengan siswa diberi kesempatan untuk mengalami dan membuktikan sendiri suatu konsep yang dipelajarinya, siswa akan menjadi lebih termotivasi dalam belajarnya. Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap siswa kelas V SDN Bandung 3 Kecamatan Konang Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak dua putaran.Setiap putaran terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, hasil observasi pengelolaan pembelajaran, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, serta hasil respon siswa terhadap penerapan metode eksperimen. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 24%, siklus I menjadi 68% dan siklus II mencapai 92%, atau dari 25 siswa terdapat 23 siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 79. Dalam PTK ini, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar IPA dengan penerapan metode eksperimen pada siswa kelas V SDN Bandung 3 Kecamatan Konang Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2013/2014 meningkat.


Article Details

How to Cite
Susdamayanti, R. (2014). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Badung 3 Bangkalan. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(2), 100-110. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.61
Section
Education Media and learning resources

References

Akbar, S. Faridatus, L. 2009. ProsedurPenyususnan Laporan dan Artikel.Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Arikunto, S. Dkk. 2007.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarata: Bumi Aksara

Arikunto, S. Dkk. 2010.Penelitian Tindakan Kelas. Prosesdur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarata: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhadi, Ali. 2006. Strategi Belajar Mengajar dengan Menerapkan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas VI Tahun Pelajaran 2005/2006. Bangkalan: PTK Tidak Dipublikasikan.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saktyowati, D. O. 2011. Meningkatkan Mutu Pendidik dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Grafindo Persada.

Sardiman, A. M. A2007. Interaksi dan Motivasi Semangat Belajar Mengaar.Raja Grafindo Persada.

Trianto 2011.Penelitian tindakan kelas teori dan praktek prestasi. Jakarta. Prestasi pusaka yraya.

Winataputra, U. S. 2005. Srtategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.