Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Aritmatika Sosial Dengan Model Pembelajaran Bermain Peran Efforts to Improve Student Achievement in Basic Competencies of Social Arithmetic Using Role Playing Learning Model

Main Article Content

Okta Rina Wahyuni

Abstract

Melalui pembelajaran bermain peran siswa secara langsung dapat menemukan konsep-konsep yang digunakan dalam materi Aritmatika Sosial sebab secara tidak langsung hampir setiap hari siswa telah menerapkannya dalam kehidupan nyata, maka peneliti memilih judul Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Aritmatika Sosial dengan Model Pembelajaran Bermain Peran di Kelas VII SMPN 4 Satu Atap Konang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar aritmatika sosial dengan model pembelajaran bermain peran di kelas VII SMPN 4 Satu Atap Konang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan data deskriptif kualitatif yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMPN 4 Satu Atap Konang tahun pelajaran 2013/2014. Dalam pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan data hasil observasi dan data tes hasil belajar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari satu kali pertemuan (satu kali tatap muka), demikian halnya dengan siklus II. Data aktivitas siswa digali dengan lembar pengamatan aktivitas siswa, data kemampuan guru mengelola pembelajaran digali dengan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, sedangkan data hasil belajar siswa digali dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 4 Satu Atap Konang tahun pelajaran 2013/2014 dengan model pembelajaran bermain peran pada kompetensi dasar aritmatika sosial mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan kegiatan siklus I dan siklus II, peneliti melakukan kegiatan prasiklus untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum diberi tindakan.

Article Details

How to Cite
Wahyuni, O. R. (2014). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Aritmatika Sosial Dengan Model Pembelajaran Bermain Peran. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(2), 88-99. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.60
Section
Education Media and learning resources

References

Akbar, S, Faridatu s, L. 2009. Prosedur Penyusunan Laporan dan Artikel. Yogyakarta: Cipta Aksara Media.

Ariani, Nita. Widiastuti, Niken. 2010. Meningkatkan Mutu Pendidik dalam Pembelajaran Aljabar. Jakarta: Multazam Mulia Utama.

Arikunto, S. DKK. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, N. Suhana, C. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika.

Meisera, Lely. 2013. Perbandingan Model Pembelajaran Role Playing dan Pembelajaran Make A Match terhadap Prestasi Belajar Siswa. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan.

Muhsetyo, Gatot. 2009. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nuharini, Dewi & Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suherman, E. 2009. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Murid. Educare; Jurnal Pendidikan dan Budaya. ISSN 1412-579x, (Online) http://educare.e-fkipunla.net, (diakses tanggal 30 Juni 2009).

Uno, Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.