Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas V SDN Kalianget Timur X Utilization of Audio Visual Learning Media to Improve PAI Learning Outcomes in Class V Students of SDN Kalianget Timur X

Main Article Content

Ernawati Ernawati

Abstract

Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, penyampaian pesan dari pengantar ke penerima. Pesan berupa isi/ajaran yang dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi baik verbal maupun non verbal.Dalam pembelajaran PAI, agar bahan pelajaran yang diberikan lebih mudah dipahami oleh siswa, diperlukan media yang membantu proses penyampaian tersebut.Melalui media (alat bantu), diharapkan akan terjadi persepsi yang sama antara guru dan siswa. Apalagi Pendidikan Agama Islam yakni pendidikan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, terutama dalam mencapai ketentraman bathin dan kesehatan mental padaumumnya.Media CD ini bisa digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PAI, khususnya pada materi “menceritakan kisah-kisah Nabi”.Melalui film tentang kisah Nabi yang ada dalam kaset CD, tentunya siswa akan lebih mudah memahami dan lebih mengasyikkan untuk digunakan sebagai sarana belajar daripada menggunakan buku ajar biasa yang pada akhirnya berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai melaluipenelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media CD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI materi menceritakan kisah Nabi di kelas V SDN Kalianget Timur X.Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I sampai II, pemanfaatan media pembelajaran CD pada materi menceritakan kisah Nabi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar baik secara kelompok maupun secara individu. Pemanfaatan media pembelajaran CDjuga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang meliputi keaktifan, kerjasama, keberanian, kedisiplinan, serta ketelitian siswa.

Article Details

How to Cite
Ernawati, E. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas V SDN Kalianget Timur X. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(2), 81-87. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.59
Section
Education Media and learning resources

References

Akbar, Sa’dun dan Luluk Faridatuz. 2009. Prosedur Penyusunan Laporan dan Artikel : Hasil Penelitian Tindakan Kelas, Cipta Media Aksara, Yogjakarta.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo, Yogjakarta, Cet I, 2008.

Julius. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Giling Kecamatan Pabean Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2011/2012.Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Kasbolah, Kasihani. 2001. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Malang. Universitas Negeri Malang.

Neswari, Ardani Praba. 2012.Pengaruh Pemanfaatan Media CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDdi Gugus-03 Kecamatan Kalasan Sleman Tahun Ajaran 2011/2012.Universitas Negeri Yogyakarta.

Sardiman, A. M. A. 2007. Interaksi dan Motivasi Semangat Belajar Mengaar. Raja Grafindo Persada.